Paus Fransiskus: Perang Dunia III Telah Dideklarasikan

Rabu, 15 Juni 2022 - 03:22 WIB
loading...
Paus Fransiskus: Perang Dunia III Telah Dideklarasikan
Paus Fransiskus menduga Perang Dunia III telah diumumkan. Foto/Reuters
A A A
ROMA - Paus Fransiskus telah menduga bahwa Perang Dunia III sudah berlangsung, sebagaimana dibuktikan oleh “elemen saling terkait” yang bekerja dalam krisis Rusia-Ukraina dan konflik lainnya di seluruh dunia.

“Beberapa tahun yang lalu, terpikir oleh saya untuk mengatakan bahwa kita mengalami perang dunia ketiga yang diperjuangkan sedikit demi sedikit,” kata kepala Gereja Katolik itu dalam wawancara 19 Mei dengan outlet media Jesuit yang diterbitkan pada hari Selasa.

“Hari ini, bagi saya, Perang Dunia III telah diumumkan,” imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (15/6/2022).

Paus Fransiskus mencatat bahwa sementara pertempuran di Ukraina “lebih menusuk kepekaan kita,” perang juga sedang berlangsung di tempat-tempat seperti Nigeria utara dan Myanmar, dan tidak ada yang peduli.

“Dunia sedang berperang. Ini adalah sesuatu yang seharusnya memberi kita jeda untuk berpikir,” ia menambahkan.

"Apa yang terjadi pada umat manusia yang telah mengalami tiga perang dunia dalam satu abad? Anda harus berpikir bahwa dalam satu abad telah terjadi tiga perang dunia, dengan semua perdagangan senjata di belakangnya," ujarnya.

Mengakui kritik atas kegagalannya untuk mengutuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan komentar masa lalunya yang menunjukkan bahwa ekspansi NATO ke ambang pintu Rusia mungkin telah memprovokasi krisis, Paus membantah "pro-Putin." Dia mengatakan klaim seperti itu akan “sederhana dan keliru.”

"Saya hanya menentang mengubah situasi kompleks menjadi perbedaan antara orang baik dan orang jahat, tanpa mempertimbangkan akar dan kepentingan pribadi, yang sangat kompleks," katanya.

“Sementara kita menyaksikan keganasan dan kekejaman pasukan Rusia, kita tidak boleh melupakan masalah dan berusaha menyelesaikannya,” sambungnya.



Ditanya bagaimana editor Jesuit harus melaporkan konflik Eropa Timur dengan cara yang berkontribusi pada masa depan yang damai, Paus Fransiskus menjawab: “Kita harus melepaskan diri dari pola pikir umum Anak Berkerudung Merah. Anak Berkerudung Merah baik, dan serigala adalah orang jahat. Di sini, tidak ada orang baik dan orang jahat metafisik, secara abstrak. Sesuatu yang global sedang muncul, dengan elemen-elemen yang saling terkait erat satu sama lain.”

Dia juga memperingatkan agar tidak hanya berfokus pada kebrutalan dan keganasan konflik.

“Bahayanya adalah kita hanya melihat ini, yang mengerikan, dan melewatkan seluruh drama yang terjadi di balik perang ini, yang mungkin entah bagaimana diprovokasi atau tidak dicegah," ujarnya.

"Saya juga mencatat minat dalam menguji dan menjual senjata. Sangat menyedihkan, tetapi pada akhirnya, itulah yang dipertaruhkan,” imbuhnya.



Dalam kesempatan itu, Paus Fransiskus memuji kepahlawanan rakyat Ukraina dalam membela negara mereka, tetapi dia menunjuk kepentingan luar yang membahayakan mereka.

“Apa yang ada di depan mata kita adalah situasi perang dunia, kepentingan global, penjualan senjata, dan perampasan geopolitik, yang membunuh orang-orang yang heroik,” ucapnya.

Paus Fransiskus menegaskan kembali keprihatinannya, yang pertama kali diumumkan dalam sebuah wawancara bulan lalu, bahwa NATO mungkin telah menghasut serangan militer Moskow terhadap Kiev. Dia mengingat percakapan dengan seorang kepala negara, yang dia identifikasi hanya sebagai "orang bijak," beberapa bulan sebelum pertempuran dimulai.

“Dia mengatakan kepada saya bahwa dia sangat prihatin dengan cara NATO bertindak. Saya bertanya mengapa, dan dia berkata, 'Mereka menggonggong di gerbang Rusia, dan mereka tidak mengerti bahwa Rusia adalah kekaisaran dan mereka tidak akan membiarkan kekuatan asing mendekati mereka',” tuturnya.



Paus Fransiskus juga memperingatkan bahwa setelah sekutu Ukraina “membuka hati mereka” kepada para wanita dan anak-anak yang melarikan diri dari negara itu pada hari-hari awal konflik, dukungan untuk para pengungsinya sudah “mendingin.”

“Siapa yang akan merawat wanita-wanita ini? Kita perlu melihat melampaui tindakan nyata saat ini dan melihat bagaimana kita akan mendukung mereka sehingga mereka tidak jatuh ke dalam perdagangan manusia atau akhirnya digunakan, karena burung nasar sudah berputar-putar,” pungkasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)