Rusia Minta AS Jelaskan Aktivitas Militer-Biologis di Negara Bekas Uni Soviet

Selasa, 14 Juni 2022 - 03:00 WIB
loading...
Rusia Minta AS Jelaskan Aktivitas Militer-Biologis di Negara Bekas Uni Soviet
Rusia Minta AS Jelaskan Aktivitas Militer-Biologis di Negara Bekas Uni Soviet. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Moskow menuntut jawaban atas pertanyaan tentang kegiatan militer-biologis Amerika Serikat (AS) di ruang pasca- Soviet . Hal itu diungkapkan perwakilan resmi Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova dalam sebuah wawancara dengan TASS.

"Kami berharap (Washington) tidak memberikan informasi umum, tetapi penjelasan substantif mengenai isu-isu spesifik yang diangkat oleh pihak Rusia sehubungan dengan aktivitas biologis militer AS di ruang pasca-Soviet," kata Zakharova, Minggu (12/6/2022).



Diplomat itu juga mencatat bahwa Rusia meminta AS untuk mengambil pendekatan yang bertanggung jawab untuk mematuhi Konvensi Senjata Biologis dan Racun (BTWC) dan untuk membantu memperkuat mekanisme ini.

Menurut Zakharova, AS mencoba membenarkan aktivitas biologis militernya yang tidak pantas di ruang pasca-Soviet dengan berita palsu.

Diplomat itu menarik perhatian pada "Lembar Fakta tentang Upaya Pengurangan Ancaman WMD dengan Ukraina, Rusia, dan Negara-Negara Bekas Uni Soviet Lainnya" yang diterbitkan pada 9 Juni di situs web Departemen Pertahanan AS, yang berisi pernyataan tentang aktivitas AS yang diduga bersifat damai. di bidang biologis pada ruang pasca-Soviet.

"Kami menganggap materi ini sebagai berita palsu dan bagian dari kampanye informasi yang diluncurkan oleh Washington untuk membenarkan aktivitas biologis militer AS di ruang pasca-Soviet untuk mengalihkan perhatian internasional dari sifat sebenarnya yang tidak transparan dan tidak pantas, yang bertentangan dengan kewajiban internasional Washington, termasuk yang berada di bawah BTWC,” tegas Zakharova.



“Untuk alasan yang jelas, AS lebih memilih untuk tetap diam tentang pekerjaan yang sedang berlangsung di ruang pasca-Soviet dan tidak memberikan informasi sebagai bagian dari BTWC. Pernyataan bahwa aktivitas Pentagon dan struktur terkait adalah fokus secara eksklusif pada masalah kesehatan, itu tidak benar. Jelas, perawatan kesehatan tidak memerlukan partisipasi militer AS," lanjutnya.

Zakharova menekankan bahwa banyak penjelasan bahwa AS sedang mengumpulkan biomaterial dan memantau situasi epidemiologis "hanya memperkuat dan memperkuat ketakutan Federasi Rusia dalam konteks kepatuhan terhadap BTWC, termasuk fakta yang terungkap di Ukraina".
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)