Kalah Jumlah Pesawat dan Kapal, Rusia Akui Keunggulan AS di Pasifik

Kamis, 17 Februari 2022 - 12:03 WIB
loading...
Kalah Jumlah Pesawat dan Kapal, Rusia Akui Keunggulan AS di Pasifik
Rusia mengakui keunggulan armada AS di Pasifik. Foto/US Navy
A A A
MOSKOW - Militer Rusia memiliki kemampuan untuk berhasil melawan armada Amerika Serikat (AS) di Laut Hitam dan Laut Baltik. Namun, Moskow mengakui kalah jumlah kapal dan pesawat untuk melawan armada Amerika di Pasifik.

Pengakuan itu disampaikan Wakil Kepala Departemen Operasional Utama Angkatan Bersenjata Rusia, Stanilav Gadzhimagomedov, dalam forum meja bundar Dewan Federasi Rusia.

Gadzhimagomedov menjelaskan bahwa Amerika memiliki kemampuan yang lebih besar di kawasan Pasifik.

“Jika kita mengambil murni armada, keunggulan Amerika dalam jumlah kapal dan kemampuan respons jauh lebih tinggi daripada kita,” kata Gadzhimagomedov.



“Kita dapat menutup Laut Hitam dan Laut Baltik sepenuhnya, tetapi kita masih kekurangan kapal dan pesawat di Timur Jauh," lanjut dia seperti dikutip Russia Today, Rabu (16/2/2022).

Gadzhimagomedov menanggapi pertanyaan dari seorang senator mengenai insiden baru-baru ini di Timur Jauh. Pekan lalu, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa kapal selam nuklir Amerika telah terdeteksi oleh Armada Pasifik Rusia di perairan teritorial nasional, tak jauh dari Kepulauan Kuril.

Menurut Moskow, kapal selam itu diusir setelah mengabaikan peringatan dan perintah untuk muncul ke permukaan.

Namun, menurut Washington, tidak ada insiden seperti itu yang terjadi.

Berbicara sebagai tanggapan atas klaim Moskow, juru bicara Komando Indo-Pasifik AS Kyle Raines membantah bahwa kapal selam Amerika pernah menyeberang ke perairan teritorial Rusia.

“Saya tidak akan mengomentari lokasi persis kapal selam kami, tetapi kami terbang, berlayar, dan beroperasi dengan aman di perairan internasional,” katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)