Jika perang Meletus, China Unggul Alutsista, India Menang Pengalaman

Rabu, 24 Juni 2020 - 07:44 WIB
loading...
Jika perang Meletus, China Unggul Alutsista, India Menang Pengalaman
Pasukan China-India di perbatasan
A A A

Tensi konflik China-India memang dikabarkan mulai menurun. Itu terjadi setelah pemimpin kedua negara sepakat menarik pasukan dari wilayah konflik. Tapi itu tidak mengurangi kewaspadaan India. Selasa (23/6) kemarin, New Delhi mendesak mitranya, Rusia, untuk mempercepat pengiriman sistem pertahanan rudal yang telah dibelinya. Transaksi pembelian lima unit sistem pertahanan rudal canggih senilai US$12 miliar itu disepakati dua tahun silam.

Awalnya Rusia menunda pengiriman hingga Desember tahun 2021 dengan alasan harus berkonsentrasi menghadapi pandemi Covid-19. Kesepakatan baru itu tercapai setelah Menteri Pertahanan India Rajnath Singh dalam kunjungan tiga hari di Moskow bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov.

“Diskusi saya dengan Wakil PM Yuri Borisov sangat produktif dan positif. Saya diyakinkan bahwa kontrak yang telah disepakati akan dipertahankan dan dalam sejumlah kasus akan diselesaikan dalam tempo lebih singkat,” tutur Singh sebagaimana dikutip Sputniknews Rabu (24/6) ini.

Bentrokan antara kedua negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia itu dikabarkan menewaskan 20 prajurit India. Sedangkan Tiongkok menolak menyebutkan berapa jumlah serdadunya yang meregang nyawa dalam peristiwa itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India, Anurag Srivastava mengatakan bentrokan muncul karena ulah China. "Bentrokan muncul dari upaya China untuk mengubah status quo secara sepihak di perbatasan," katanya.

Sementara dikutip dari South China Morning Post, China mengatakan India masuk ke kawasannya secara ilegal. "Mereka dengan sengaja memprovokasi serangan," kata Juru Bicara pasukan China yang bertugas, Zhang Shuli.

Sebenarnya, perseteruan kedua negara di wilayah itu sudah terjadi sejak 1962. Setelah terakhir memakan korban 4 tentara India di tahun 1975, korban jiwa baru terjadi lagi sekarang.

India dan China merupakan dua negara tetangga yang sama-sama dihuni oleh lebih dari 1 miliar penduduk. Militer keduanya juga masuk ke dalam top 10 terkuat di dunia versi Global Fire Power.

Kekuatan militer China berada di peringkat ketiga setelah Amerika Serikat (AS) dan Rusia. Posisi India tepat di belakang ketiga negara itu.
Meski secara jumlah personel militer, China kalah jumlah dari India, tetapi kelengkapan alutsista untuk angkatan udara (AU), darat (AD) hingga laut (AL) Tiongkok lebih unggul dari segi jumlah.

Anggaran pertahan China juga jauh lebih besar dari anggaran militer India. Nominalnya nyaris empat kali lipat dari anggaran militer India.
China juga menaikkan anggaran untuk pertahanannya hingga 6,6% untuk tahun ini menjadi RMB 1.268 miliar atau setara dengan US$ 178,6 miliar. Namun menurut perhitungan Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) anggaran militer China mencapai US$261 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)