Diterbangkan ke Indonesia, Ini 5 Tahap Repatriasi Jenazah Eril di Swiss

Sabtu, 11 Juni 2022 - 16:47 WIB
loading...
Diterbangkan ke Indonesia, Ini 5 Tahap Repatriasi Jenazah Eril di Swiss
Almarhum Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Jenazah Eril mulai diterbangkan dari Zurich Airport, Swiss, Sabtu (11/6/2022). Foto/Instagram Atalia Praratya
A A A
JAKARTA - Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) , putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, bersiap diterbangkan ke Indonesia dari Zurich Airport, Swiss, Sabtu (11/6/2022). Jenazah Eril dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia, pada hari Minggu besok.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, Judha Nugraha, memaparkan beberapa tahapan repatriasi jenazah Eril sebelum diterbangkan ke Tanah Air.

“Atas arahan Presiden dan Menteri Luar Negeri, KBRI Bern dan Kemlu terus membantu, mulai dari pencarian sampai pemulangan jenazah ke Tanah Air,” katanya dalam pers briefing Kemlu.



Sejak jenazah Eril ditemukan 8 Juni lalu, berikut 5 tahapan repatriasi yang dilakukan KBRI Bern:

1. Pengurusan keputusan pengadilan kanton Bern untuk izin serah terima jenazah.
2. Melakukan pengurusan dead certificate dengan otoritas setempat.
3. Melakukan penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh KBRI Bern.
4. Melakukan pemulasaran jenazah sesuai dengan Syariat Islam.
5. Melakukan pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan.

“Kemlu sudah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait demi kelancaran ketibaan jenazah di Tanah Air,” ujar Judha.

Menurutnya, jenazah Eril akan diterbangan satu flight dengan Ridwan Kami beserta keluarga. “Ridwan Kamil ditemani para pejabat KBRI Bern sudah berada di Zurich Airport, take off pukul 10.10 waktu setempat,” katanya.

“Ridwan Kamil dan jenazah Eril akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada hari Minggu pukul 15.45 WIB. Jenazah akan dibawa ke Bandung melalui jalur darat.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)