Sosok Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Miliki 7.000 Mobil hingga Armada Jet Pribadi

Sabtu, 11 Juni 2022 - 04:58 WIB
loading...
Sosok Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Miliki 7.000 Mobil hingga Armada Jet Pribadi
Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah yang memiliki 7.000 mobil, armada jet pribadi dan beragam aset kekayaan lain. Foto/REUTERS
A A A
BANDAR SERI BEGAWAN - Sultan Brunei Darussalam bernama Hassanal Bolkiah (75). Dia salah satu bangsawan terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan sekitar USD30 miliar.

Belakangan ini, daftar orang terkaya di Bumi seperti menjadi ping-pong di antara bos raksasa teknologi dunia. Namun arti kekayaan yang sebenarnya adalah jika benar-benar dibelanjakan dengan kedua tangannya. Orang-orang seperti itu sangat sedikit dan di antaranya adalah Sultan Hassanal Bolkiah.

Sosok Sultan Hassanal Bolkiah

Sultan Brunei ini lahir pada 15 Juli 1946, sebagai putra Sultan Omar Ali Saifuddien III. Sultan Omar Ali Saifuddien memiliki 10 anak, enam putri dan empat putra, dengan beberapa istri, tetapi memilih Bolkiah untuk menggantikannya.



Hassanal Bolkiah dididik secara pribadi dan kemudian mengenyam pendidikan di Victoria Institution di Kuala Lumpur, Malaysia, dan Royal Military Academy di Sandhurst, Inggris.

Hingga 2012, Hassanal Bolkiah memiliki lima putra dan tujuh putri dengan tiga istrinya.

Bagaimana Hassanal Bolkiah Berkuasa?

Setelah ayahnya memilih untuk turun takhta pada 4 Oktober 1967, Pangeran Hassanal Bolkiah sebagai putra sulung ditunjuk untuk naik takhta menjadi sultan. Namun, dia secara resmi dimahkotai pada 1 Agustus 1968 sekitar satu bulan setelah sang ayah meninggal. Dia dihormati dengan gelar malam oleh Ratu Elizabeth II dari Inggris, seperti ayahnya.

Mengapa Hassanal Bolkiah Begitu Kaya?

Sultan Hassanal Bolkiah termasuk di antara sultan terkaya di dunia. Menurut laporan Business Insider, Hasanal Bolkiah memiliki aset lebih dari Rs14.700 crore dan sumber pendapatan terbesarnya adalah cadangan minyak dan gas alam.

Menurut Celebrity Net Worth, Hassanal Bolkiah adalah salah satu bangsawan terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan USD30 miliar.

Brunei tercatat sebagai produsen minyak utama kelima di Asia Tenggara—di belakang Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Thailand. Ekspor minyak mentah dan gas alam telah membuat Sultan Hassanal Bolkiah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Forbes menempatkan Sultan Bolkiah sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 1988.

Koleksi Mobil Mewah

Sultan Brunei ini mengumpulkan koleksi mobil langka terbesar di dunia, termasuk Rolls-Royce berlapis emas. Menurut laporan Hotcars, koleksi Sultan Ke-29 Brunei ini sekitar 7.000 mobil yang memiliki perkiraan nilai gabungan lebih dari USD5 miliar. Hassanal Bolkiah memiliki 500 Rolls Royce dan 300 Ferrari dalam koleksi mobilnya.

Menurut laporan Bornrich.com, Sultan Brunei memiliki beberapa jet pribadi yang dilengkapi fasilitas mewah. Dia memiliki jet Boeing 747-400, Boeing 767-200 dan Airbus A340-200. Menurut laporan itu pula, jet Boeing 747-400 berlapis emas dan juga memiliki banyak fasilitas, termasuk ruang tamu dan kamar tidur.

Istana Kelas Dunia

Istana Nurul Iman merupakan istana Hassanal Bolkiah bernilai lebih dari Rs2.550 crores. Istana ini memiliki lebih dari 1.700 kamar, 257 kamar mandi, dan lima kolam renang. Selain 110 garasi, ada juga kandang ber-AC untuk 200 kuda.

Sekali Potong Rambut Habiskan USDD20.000

Di Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah adalah pertunjukan satu orang. Dia bukan hanya raja absolut Brunei dan pemimpin tertinggi agama Islam, tetapi juga perdana menteri negara, menteri keuangan, menteri luar negeri dan perdagangan, inspektur polisi, menteri pertahanan dan komandan angkatan bersenjata.

Bolkiah tidak kehilangan kegemarannya akan kelebihan bahkan saat dia menua. Menurut laporan The Times, Hassanal Bolkiah masih sering menghabiskan USD20.000 untuk satu kali potong rambut.

Bolkiah menerbangkan tukang cukur favoritnya dari London, di Dorchester Hotel di Mayfair. "Dia pergi secara teratur, kadang-kadang setiap tiga atau empat minggu. Sultanterbang dengan kelas satu dengan biaya sekitar USD12.000," tulis media tersebut.

Baru-baru ini, putri sultan Brunei, Putri Fadzilah Lubabul Bolkiah, menikah dalam pernikahan mewah selama seminggu. Pernikahan, yang diumumkan tahun lalu pada 31 Desember, telah memperingatkan dunia tentang ekstravaganza yang akan segera menyusul.

Sang putri menikah dengan Awang Abdullah Nabil Mahmoud Al-Hashimi di Istana Nurul Iman—kediaman resmi Sultan Hassanal Bolkiah, yang juga dikenal sebagai salah satu istana terbesar di dunia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)