Turki Batalkan Latihan NATO di Laut Hitam, Beri Alasan Sangat Tegas

Rabu, 01 Juni 2022 - 16:01 WIB
loading...
Turki Batalkan Latihan NATO di Laut Hitam, Beri Alasan Sangat Tegas
Angkatan Laut AS menggelar latihan pertahanan udara bersama Bulgaria, Rumania dan Turki di Laut Hitam pada 19 Juni 2020. Foto/navalpost.com
A A A
ANKARA - Latihan militer NATO yang direncanakan di Laut Hitam telah ditunda atau dibatalkan secara langsung. Turki membuat keputusan mengejutkan di tengah konflik Rusia dan Ukraina.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengumumkan keputusan itu dengan mengutip konvensi berusia puluhan tahun yang memberi Ankara hak veto atas penempatan angkatan laut di wilayah tersebut.

Berbicara kepada Anadolu dalam wawancara pada Selasa (31/5/2022), menteri luar negeri Turki menjelaskan keengganan Ankara mengikuti kampanye sanksi Barat terhadap Moskow sebagai tanggapan atas serangannya terhadap Ukraina.

Baca juga: Rusia Bongkar Siapa Saja yang Untung dari Krisis Ukraina

Dia menyatakan negaranya berusaha menghindari peningkatan ketegangan karena mencoba menengahi negosiasi untuk mengakhiri konflik.

Baca juga: Kucurkan Rp1.557 Triliun, Jerman akan Jadi Militer NATO Terkuat di Eropa

“Jika kita ikut sanksi, kita tidak akan bisa memenuhi peran mediasi yang kita miliki sekarang. Kami menerapkan Konvensi Montreux pada kapal perang, tetapi wilayah udara, koridor itu, kami harus tetap membukanya,” tutur dia, merujuk pada perjanjian 1936 yang memberikan hak kepada Turki untuk mengatur lalu lintas maritim melalui Laut Hitam.

Baca juga: Europol Khawatir Senjata Barat di Ukraina Bisa Jatuh ke Tangan Penjahat

“Kami telah, sesuai dengan konvensi, membatalkan atau menunda latihan NATO yang direncanakan. Kami memainkan peran penting, dan kami memenuhi kewajiban kami,” ujar Cavusoglu.

Turki telah menerapkan Konvensi Montreux untuk menolak akses sejumlah kapal perang Rusia ke Laut Hitam melalui selat Bosporus sejak konflik di Ukraina dimulai pada Februari.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1112 seconds (10.55#12.26)