100 Orang Tewas Akibat Banjir dan Tanah Longsor di Brasil

Selasa, 31 Mei 2022 - 23:56 WIB
loading...
100 Orang Tewas Akibat Banjir dan Tanah Longsor di Brasil
100 orang tewas akibat banjir dan tanah longsor di Brasil. Foto/France24
A A A
RECIFE - Para pejabat Brasil mengatakan sebanyak 100 orang tewas akibat hujan deras yang memicu banjir dan tanah longsor di timur laut negara itu. Jumlah itu kemungkinan akan meningkat mengingat saat ini tim penyelamat masih terus mencari lebih banyak korban.

Kekuatan tanah longsor menghancurkan rumah-rumah di lingkungan termasuk Jardim Monteverde, sebuah lingkungan miskin di luar kota Recife.

Petugas penyelamat telah menemukan puluhan mayat terkubur di lumpur yang mengoyak wilayah itu pada hari Sabtu, dan mengatakan merekakemungkinanakanmenemukan lebih banyak lagi.



"Sedikitnya 14 orang masih hilang," kata pejabat manajemen bencana untuk negara bagian Pernambuco, lokasi terbaru dari serangkaian bencana cuaca mematikan yang melanda negara itu dalam beberapa bulan terakhir seperti dikutip dari France24, Selasa (31/5/2022).

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, memposting video di Twitter yang menunjukkan dia terbang dengan helikopter di atas zona bencana di mana air banjir berwarna coklat menggenangi area yang luas dan bekas lumpur di lereng bukit tempat rumah-rumah pernah berdiri.

"Saya mencoba mendarat, tetapi rekomendasi pilot adalah, mengingat ketidakstabilan tanah, kami bisa mengalami kecelakaan. Jadi kami memutuskan untuk tidak melakukannya," kata presiden sayap kanan itu dalam konferensi pers.



Dia mengingat serangkaian banjir dahsyat di Brasil yang telah menewaskan ratusan orang dalam beberapa bulan terakhir, dan yang menurut para ahli diperparah oleh perubahan iklim.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)