Perkuat Daya Gempur di Laut, Iran Ubah Kapal Kargo Jadi Kapal Perang

Selasa, 31 Mei 2022 - 01:10 WIB
loading...
Perkuat Daya Gempur di Laut, Iran Ubah Kapal Kargo Jadi Kapal Perang
Perkuat Daya Gempur di Laut, Iran Ubah Kapal Kargo Jadi Kapal Perang. FOTO/The Maritim Executive
A A A
TEHERAN - Iran dilaporkan sedang membangun kapal pendukung baru yang besar di dekat Selat Hormuz yang strategis. Foto satelit yang diperoleh oleh The Associated menginfokan hal tersebut. Kapal perang yang sedang dalam proses pembangunan itu bernama Shahid Mahdavi.

Shahid Mahdavi tampaknya merupakan retrofit dari kapal kargo Iran yang dikenal sebagai Sarvin, berdasarkan gambar kapal sebelumnya yang juga memiliki kurva serupa dengan lambungnya. Sarvin tiba di Bandar Abbas pada akhir Juli tahun lalu dan kemudian mematikan pelacaknya.



Pada 29 Januari, foto satelit dari Planet Labs PBC yang dianalisis oleh AP menunjukkan kapal tersebut berada di dok kering di Shahid Darvishi Marine Industries, sebuah perusahaan yang terkait dengan Kementerian Pertahanan Iran di sebelah barat Bandar Abbas.

“Gambar Shahid Mahdavi beredar pertama kali di media sosial. Kapal tampaknya memiliki senjata anti-pesawat berawak di haluan dan buritannya,” menurut H.I. Sutton, seorang ahli kapal militer yang pertama kali mengidentifikasi kapal tersebut berada di dekat Bandar Abbas.

Sebuah gambar Planet beresolusi tinggi yang diambil dari dok kering pada hari Sabtu atas nama AP menunjukkan Shahid Mahdavi abu-abu logam masih berada di galangan kapal. Tepat di sebelahnya, salah satu kapal selam serang bertenaga diesel kelas Kilo Iran tampaknya sedang menjalani perombakan besar-besaran.



Iran diyakini memiliki satu kapal selam kelas Kilo yang beroperasi sementara yang lain juga tidak berfungsi, menurut Institut Internasional untuk Studi Strategis.

Saat gambar Shahid Mahdavi beredar secara online, kantor berita semi resmi Fars memuat berita tentang kapal tersebut. Fars, yang diyakini dekat dengan Garda Revolusi, menggambarkan kapal itu sebagai “kota angkatan laut bergerak” yang mampu “memastikan keamanan jalur perdagangan Iran, serta hak-hak pelaut dan nelayan Iran di laut lepas.”

“Rangkaian inovasi pertahanan dan tempur baru untuk pembangunan kapal-kapal berat, sejalan dengan pengembangan massal kapal-kapal ringan, dan melengkapinya dengan berbagai susunan dapat mempertahankan otoritas Iran atas Teluk Persia dan (Teluk) Oman selalu. dalam menghadapi musuh lintas wilayah,” sebut laporan Fars.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)