Kasus Covid-19 Meningkat di Negara-negara Besar, Terutama Brasil

Selasa, 23 Juni 2020 - 11:30 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Meningkat di Negara-negara Besar, Terutama Brasil
Perawat menyiapkan obat untuk pasien Covid-19 di Emilio Ribas Institute, Sao Paulo, Brasil, 17 Juni. Foto/REUTERS
A A A
JENEWA - Kasus virus corona meningkat di beberapa negara besar pada saat yang sama, dengan peningkatan mengkhawatirkan di Amerika Latin terutama Brasil.

Peringatan itu diungkapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam penjelasan terbarunya. "Dunia mencatat lebih dari 183.000 kasus baru pada Minggu (21/6), terbesar dalam satu hari sejak wabah muncul pada Desember," kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Tentu jumlah itu meningkat karena wabah berkembang di beberapa negara padat pada saat yang sama dan penjuru dunia," ungkap pakar kedaruratan WHO Mike Ryan.

"Beberapa peningkatan itu mungkin karena peningkatan tes dan tentu negara-negara seperti India tes lebih banyak. Tapi kami tidak yakin bahwa ini fenomena tes," kata dia.

Kasus global mencapai 9 juta pada Senin (22/6), dengan Amerika Serikat (AS), China dan negara-negara lain juga melaporkan wabah baru.

Ryan menjelaskan ada peningkatan kasus di Cile, Argentina, Kolombia, Panama, Bolivia dan Guatemala, serta Brasil, yang telah mencapai 1 juta, kedua terbesar setelah AS. Brasil melaporkan 54.000 kasus dalam 24 jam sebelumnya.

Dia menjelaskan beberapa peningkatan di Brasil munckin mencerminkan perubahan sistem pelaporan. "Di sana masih relatif tes per populasi yang rendah dan tingkat positif untuk tes masih cukup tinggi. Dari perspektif itu, kita katakan tren ini tidak mencerminkan tes yang banyak, tapi mungkin jumlah kasus sebenarnya," papar Ryan. (Baca Juga: Jangan Jadikan Rapid Test Ladang Bisnis)

Brasil sering mencatat kematian lebih dari 1.000 per hari selama bulan lalu. Presiden Brasil Jair Bolsonaro banyak dikritik terkait caranya menangani wabah tersebut. (Lihat Video: Bertahun-tahun Warga Sebrangi Sungai dengan Seutas Kawat Sling)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)