Air Danau Berubah Warna dari Hijau Jadi Pink dalam Semalam

Selasa, 23 Juni 2020 - 07:30 WIB
loading...
Air Danau Berubah Warna dari Hijau Jadi Pink dalam Semalam
Air di Danau Lonar berubah warna dari hijau jadi pink dalam semalam. Foto/OddityCentral
A A A
NEW DELHI - Danau Lonar yang disebut juga kawah Lonar membuat bingung para pakar di India setelah warna airnya berubah hanya dalam semalam.

Danau itu terbentuk setelah meteor jatuh ke Bumi sekitar 50.000 tahun silam. Terletak sekitar 500 km dari Mumbai, negara bagian Mahatashtra, India, Lonar sejak lama menarik banyak peneliti dengan perubahan warna airnya.

Namun perubahan warna itu tak pernah terjadi tiba-tiba seperti tahun ini. Selain itu, air danau biasanya berubah menjadi kemerahan, tapi tahun ini warnanya menjadi pink sehingga para pakar dibuat bingung.

“Dalam hal fenomena alam, ada jamur yang secara umum memberi warna lebih hijau pada air sepanjang waktu. Perubahan warna sekarang tampaknya perubahan biologis di kawan Lonar,” kata Dr Madan Suryavanshi, kepala departemen geografi Universitas Dr Babasaheb Ambedkar Marathwada, Aurangabad.

Menurut dia, perubahan itu bukan karena pengaruh manusia. “Ada alga di air. Salinitas dan alga dapat berperan untuk perubahan ini,” ujar Gajanan Kharat, anggota komite konservasi dan pengembangan danau Lonar.

“Tak ada oksigen di bawah satu meter permukaan air danau. Ketinggian air yang rendah mungkin meningkatkan salinitas dan mengubah perilaku alga karena perubahan atmosfer. Ini mungkin alasan perubahan warna. Ini bukan pertama kali warna air itu berubah,” kata dia.

Sampel dari danau telah dikirim ke beberapa laboratorium untuk menemukan jawaban atas teka-teki alam ini. (Lihat Video: Hadiri Acara Susur Gunung, Wakapolres Karanganyar Diserang Orang Tak Dikenal)

Menurut CNN News 18, Danau Lonar merupakan daya tarik wisata dan telah dipelajari para peneliti dari penjuru dunia. (Lihat Video: Orang Tak Dikenal Memaksa Masuk Mako Brimob Polda Sulteng)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)