alexametrics

Korsel: Pernyataan Bolton Soal Pertemuan AS-Korut Sangat Salah

loading...
Korsel: Pernyataan Bolton Soal Pertemuan AS-Korut Sangat Salah
Korea Selatan (Korsel) mengecam pernyataan Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton mengenai pertemuan pemimpin AS dan kedua Korea. Foto/REUTERS
A+ A-
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) mengecam pernyataan Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton mengenai pertemuan pemimpin AS dan kedua Korea. Seoul menyebut, pernyataan yang akan masuk dalam buku Bolton, tidak akurat dan terdistorsi.

Laporan menyebutkan dalam bukunya, Bolton menulis bahwa Presiden Korsel, Moon Jae-in, yang ingin meningkatkan hubungan dengan Pyongyang, telah meningkatkan harapan yang tidak realistis pada pemimpin Korea Utara (Korut, Kim Jong-un, dan Presiden AS, Donald Trump, mengenai unifikasi dua Korea.

"Itu tidak mencerminkan fakta yang akurat dan secara substansial mendistorsi fakta," ucap Penasihat Keamanan Nasional Korsel, Chung Eui-yong, seperti dilansir Russia Today pada Selasa (23/6/2020).



(Baca juga: John Bolton: Trump Siap Dukung Israel Bombardir Iran)

Chung tidak menguraikan bidang-bidang tertentu tetapi mengatakan bahwa publikasi tersebut memberikan preseden "berbahaya".

"Konsultasi penerbitan secara sepihak yang dibuat berdasarkan rasa saling percaya melanggar prinsip-prinsip dasar diplomasi dan dapat sangat merusak negosiasi di masa depan," ujarnya.

Sementara itu dalam wawancara pertamanya untuk membahas bukunya, Bolton mengklaim Kim Jong-un tertawa terbahak-bahak atas persepsi Trump tentang hubungan mereka.

(Baca juga: Hakim Tolak Permintaan Trump, Buku John Bolton Boleh Terbit)

"Saya pikir Kim Jong-un tertawa terbahak-bahak dari (klaim Trump) ini. Surat-surat ini yang telah ditunjukkan presiden kepada pers...ditulis oleh beberapa pejabat di kantor agitprop Partai Buruh Korea Utara," ujar Bolton.

"Namun, presiden telah memandang itu sebagai bukti persahabatan yang mendalam," kata Bolton, seraya menambahkan bahwa persahabatan tidak berarti diplomasi internasional.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak