Putin sebut senjata kimia di Suriah bualan AS

Sabtu, 31 Agustus 2013 - 17:38 WIB
Putin sebut senjata kimia di Suriah bualan AS
Putin sebut senjata kimia di Suriah bualan AS
A A A
Sindonews.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin telah menolak klaim AS, bahwa rezim Suriah menggunakan senjata kimia. Dia menilai tuduhan AS itu hanya bualan semata.

”(Tuduhan itu) omong kosong,” kata Putin, menyebut klaim AS yang menyalahkan rezim Presiden Bashar al-Assad, seperti dikutip BBC, Sabtu (31/8/2013).

Putin bahkan menantang Washington, untuk membeberkan bukti di balik klaimnya atas kepemilikan senjata kimia rezim Assad di hadapan Dewan Keamanan PBB.

Pernyataan pemimpin Rusia itu, muncul setelah inspektur PBB mengakhiri kerja mereka di Suriah. Tim PBB itu telah menyeberang ke negara tetangga Suriah, Libanon setelah empat hari melakukan inspeksi. Termasuk, melakukan penyelidikan tentang apa yang terjadi di pinggiran kota Damaskus pada 21 Agustus 2013.

Ratusan orang, termasuk anak-anak tewas dalam serangan yang diduga menggunakan senjata kimia. AS menuding pengguna senjata kimia tersebut adalah Pemerintah Assad. Namun, Suriah mengatakan tuduhan AS penuh dengan kebohongan. Mereka menyebut, para pemberontaklah dalang di balik serangan itu.

Presiden AS, Barack Obama, mengatakan AS sedang mempertimbangkan "tindakan sempit yang terbatas" dalam menanggapi dugaan penggunaan senjata kimia oleh tentara Suriah. Obama merasa, sedang ditantang dunia untuk melakukan invasi militer terhadap Suriah.

Menurut Obama dengan adanya laporan penggunaan senjata kimia di Suriah, tidak mungkin baginya untuk mundur dari rencana menyerang Suriah. Jika AS berdiam diri, kata Obama, sejarah akan menghakimi AS dengan kasar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4260 seconds (0.1#10.140)