Inggris Berencana Persenjatai Moldova untuk Lindungi dari Ancaman Rusia

Minggu, 22 Mei 2022 - 07:31 WIB
loading...
Inggris Berencana Persenjatai Moldova untuk Lindungi dari Ancaman Rusia
Inggris berencana persenjatai Moldova untuk melindungi dari ancaman Rusia. Foto/Tangkapan layar/Youtube
A A A
LONDON - Menteri Luar Negeri Inggris , Liz Truss, mengungkapkan bahwa dirinya ingin mengirim persenjataan modern ke Moldova untuk melindungi negara itu dari ancaman invasi Rusia .

Dalam sebuah wawancara dengan The Telegraph, Truss mengatakan Presiden Vladimir Putin bertekad untuk menciptakan Rusia yang lebih besar meskipun kalah di Kiev, Ibu Kota Ukraina .

Moldova, di barat daya Ukraina, bukan anggota NATO dan ada kekhawatiran bahwa negara itu bisa menjadi target Putin berikutnya setelah Ukraina saat ia mencari ekspansi teritorial.

Truss mengatakan pembicaraan sedang berlangsung untuk memastikan bahwa tidak hanya Ukraina tetapi juga pertahanan Moldova adalah "standar NATO" untuk mencegah serangan di masa depan.

“Saya ingin melihat Moldova dilengkapi dengan standar NATO. Ini adalah diskusi yang kami lakukan dengan sekutu kami," kata Truss.

“Putin sangat jelas tentang ambisinya untuk menciptakan Rusia yang lebih besar – dan hanya karena usahanya untuk merebut Kiev tidak berhasil, itu tidak berarti dia mengabaikan ambisi itu,” imbuhnya seperti dikutip dari media yang berbasis di Inggris itu, Minggu (22/5/2022).



Jika rencana tersebut diadopsi, anggota aliansi militer NATO akan menyediakan persenjataan modern untuk Moldova, mengganti peralatan era Sovietnya, dan melatih tentara negara itu tentang cara menggunakannya.

Langkah itu akan menjadi perluasan dukungan militer Inggris di kawasan itu dan indikasi lebih lanjut bahwa mereka melihat invasi ke Ukraina sebagai titik balik jangka panjang.

Moskow telah mengancam akan memperpanjang invasinya ke Ukraina di sepanjang selatan negara itu untuk bertemu dengan separatis yang didukung Rusia di Moldova timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)