AS Akan Ikut Perangi Penangkapan Ikan Ilegal di Pasifik

Selasa, 10 Mei 2022 - 05:00 WIB
loading...
AS Akan Ikut Perangi Penangkapan Ikan Ilegal di Pasifik
AS Akan Ikut Perangi Penangkapan Ikan Ilegal di Pasifik. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan segera mengumumkan rencana untuk memerangi penangkapan ikan ilegal di Pasifik dengan lebih baik. Hal itu diungkapkan koordinator Indo-Pasifik AS Kurt Campbell pada Senin (9/5/2022).

Langkah ini adalah bagian dari peningkatan keterlibatan AS dengan kawasan itu untuk melawan pengaruh China yang semakin besar. Beberapa negara di kawasan Indo-Pasifik kesal dengan armada penangkapan ikan China yang besar. Mereka mengatakan, kapal-kapal China sering melanggar zona ekonomi eksklusif dan menyebabkan kerusakan lingkungan dan kerugian ekonomi.



“Salah satu tantangan terbesar di Pasifik sebenarnya adalah penangkapan ikan ilegal,” kata Campbell dalam sebuah forum di Pusat Studi Strategis dan Internasional Washington, ketika ditanya tentang kerjasama yang berkembang antara China dan Kepulauan Solomon, mitra lama AS.

"Kami percaya bahwa dalam beberapa minggu ke depan, melalui berbagai institusi, kami akan mengumumkan serangkaian kemampuan utama yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran domain maritim," kata Campbell, seperti dikutip dari Reuters.

Campbell berbicara menjelang rencana kunjungan Presiden Joe Biden pada 20-24 Mei ke Korea Selatan dan Jepang yang akan mencakup pertemuan di Tokyo dari kelompok negara-negara Quad - Australia, India, Jepang dan AS - yang telah meningkatkan kerja sama dalam menghadapi Ketegasan China semakin meningkat.



Menurut Campbell, AS sedang melihat kemampuan yang akan terus melacak pengiriman, ketika kapal yang menangkap ikan secara ilegal mematikan pengenal elektronik. Dia mengatakan, sejumlah negara sedang meningkatkan upaya dengan kapal patroli dan pelatihan.

Penjaga Pantai AS mengatakan, penangkapan ikan ilegal telah melampaui pembajakan sebagai ancaman keamanan maritim global utama, dan berisiko meningkatkan ketegangan di antara negara-negara yang bersaing untuk mendapatkan stok ikan yang dieksploitasi secara berlebihan. AS juga telah meminta China untuk melakukan kontrol yang lebih bertanggung jawab atas kapal-kapalnya.

Campbell juga mengatakan, Washington perlu berbuat lebih banyak untuk membantu Kepulauan Solomon. Ia memimpin delegasi AS ke negara Kepulauan Pasifik bulan lalu. Setelah itu Gedung Putih mengatakan Washington akan memiliki "keprihatinan yang signifikan dan menanggapi sesuai" untuk setiap langkah untuk membangun kehadiran permanen militer China di sana.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)