Zelensky Ledek Rusia pada Peringatan PD II: Iblis Telah Kembali

Senin, 09 Mei 2022 - 11:48 WIB
loading...
Zelensky Ledek Rusia pada Peringatan PD II: Iblis Telah Kembali
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyindir Rusia sebagai iblis dalam pidato untuk memperingati Hari Kemenangan Perang Dunia II. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meledek Rusia dengan menyindirnya sebagai iblis ketika menyampaikan pidato emosional hari Minggu untuk Hari Kemenangan.

Itu merupakan pidato untuk memperingati kemenangan Sekutu atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia (PD) II. Saat itu, Uni Soviet bagian dari Sekutu.

Rusia juga memperingati Hari Kemenangan pada Senin (9/5/2022).

Dalam pidato melalui video, Zelensky mengatakan kehidupan yang diperjuangkan tentara dalam PD II berakhir pada 24 Februari, ketika pasukan Rusia menyerbu Ukraina.

"Iblis telah kembali. Sekali lagi," kata Zelensky, menyindir Rusia.

"Dalam bentuk yang berbeda, di bawah slogan yang berbeda, tetapi untuk tujuan yang sama," imbuh dia, seperti dikutip Fox News.



Namun dia mengatakan Ukraina dan sekutunya akan menang perang.

"Tidak ada kejahatan yang bisa lolos dari tanggung jawab, itu tidak bisa bersembunyi di bunker," paparnya.

Diktator Nazi Jerman, Adolf Hitler, menghabiskan hari-hari terakhir hidupnya di sebuah bunker di Berlin, di mana dia bunuh diri di hari-hari terakhir perang.

Moskow menyebut tindakannya di Ukraina sejak 24 Februari sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata Kiev dan menyingkirkan apa yang disebutnya "Nazi" dan nasionalisme anti-Rusia yang dikobarkan oleh Barat.

Ukraina dan Barat mengatakan Rusia melancarkan agresi yang tidak beralasan.

Invasi di Ukraina telah menewaskan ribuan orang dan membuat hampir 10 juta orang mengungsi. Ini telah membuat Rusia dalam cengkeraman sanksi Barat yang keras dan telah menimbulkan kekhawatiran akan konfrontasi yang lebih luas antara Rusia dan Barat.

Di Rusia, Hari Kemenangan pada tanggal 9 Mei adalah salah satu peristiwa nasional paling penting di negara itu—peringatan akan pengorbanan besar yang dilakukan oleh Uni Soviet dalam mengalahkan Nazi Jerman.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)