AS Kutuk Rencana Israel Perluas Permukiman di Tanah Palestina

Minggu, 08 Mei 2022 - 12:49 WIB
loading...
AS Kutuk Rencana Israel Perluas Permukiman di Tanah Palestina
AS kutuk rencana Israel perluas permukiman di tanah Palestina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Joe Biden mengecam keras rencana Israel untuk membangun permukiman baru di wilayah Palestina yang diduduki setelah para pejabat Israel mengatakan mereka akan menyetujui 4.000 unit rumah baru di Tepi Barat.

Wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jalina Porter, mengatakan bahwa AS mengetahui keputusan Israel untuk mengumumkan langkah tersebut pada 12 Mei.

"Kami sangat menentang perluasan permukiman yang memperburuk ketegangan dan merusak kepercayaan di antara para pihak," kata Porter.

"Program Israel untuk memperluas permukiman sangat merusak prospek solusi dua negara,” imbuh Porter.



“Pemerintahan Biden sudah jelas sejak awal,” pungkasnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (8/5/2022).

Duta Besar AS untuk Israel Thomas Nides mengatakan kepada Axios bahwa dia dan pejabat pemerintahan Biden lainnya telah menjelaskan kepada pemerintah Israel bahwa pemerintah menentang pembangunan baru di permukiman dan memintanya untuk tidak melanjutkannya.

Laporan Axios juga mengutip para pejabat Israel yang mengatakan kepada rekan-rekan AS bahwa pemerintah Israel yang rapuh dapat runtuh jika permukiman tidak disetujui.

Namun keputusan Israel diperkirakan akan memperburuk ketegangan dan kekerasan yang telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir antara Palestina dan Israel. Kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem telah menjadi tempat bentrokan baru sementara beberapa serangan telah dilakukan terhadap warga sipil Israel.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)