Intelijen AS Dilaporkan Bantu Ukraina Habisi Jenderal Rusia

Kamis, 05 Mei 2022 - 14:39 WIB
loading...
Intelijen AS Dilaporkan Bantu Ukraina Habisi Jenderal Rusia
New York Times melapokran bahwa intelijen AS bantu Ukraina membunuh jenderal Rusia. Foto/Infobae
A A A
WASHINGTON - Intelijen Amerika Serikat (AS) telah memberikan informasi lokasi jenderal Rusia di Ukraina yang memungkinan pasukan negara itu membunuh perwira tinggi Moskow di medan perang.

Laporan itu pertama kali diturunkan oleh media AS, New York Times.

"Pembagian data intelijen telah membantu membunuh 12 jenderal Rusia di Ukraina dan merupakan bagian dari upaya rahasia oleh pemerintahan Biden untuk memberikan informasi kepada Ukraina tentang pergerakan pasukan Rusia dan lokasi pos komando militer bergerak Rusia," menurut laporan New York Times yang dikutip dari Washington Examiner, Kamis (5/5/2022).

Pejabat senior AS yang diwawancarai dalam laporan itu tidak mengatakan berapa banyak jenderal Rusia yang terbunuh sebagai akibat langsung dari pembagian data intelijen AS.



Menurut laporan itu juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan dia tidak akan berbicara secara rinci tentang intelijen yang diberikan ke Ukraina, tetapi mengatakan bahwa AS memberikan Ukraina informasi dan intelijen yang dapat mereka gunakan untuk membela diri.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson mengatakan kepada New York Times bahwa intelijen yang dibagikan dengan Ukraina tidak diberikan dengan maksud untuk membunuh para jenderal Rusia.

Masih menurut laporan itu, AS tidak memberi Ukraina intelijen tentang para pemimpin paling senior Rusia, yang mengatakan bahwa serangan Ukraina yang menyerang Jenderal Valery Gerasimov selama akhir pekan lalu bukanlah hasil dari bantuan intelijen AS.

Intelijen AS yang diberikan ke Ukraina telah memainkan peran penting dalam memungkinkan negara itu menahan invasi Rusia pada 24 Februari.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)