Korsel: Korea Utara Tembakkan Proyektil ke Laut Lepas di Pantai Timur

Rabu, 04 Mei 2022 - 12:28 WIB
loading...
Korsel: Korea Utara Tembakkan Proyektil ke Laut Lepas di Pantai Timur
Korsel: Korea Utara Tembakkan Proyektil ke Laut Lepas di Pantai Timur. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) telah menembakkan proyektil tak dikenal ke arah laut di lepas pantai timurnya, kata militer Korea Selatan pada Rabu (4/5/2022). Aktivitas ini terdeteksi sekitar seminggu setelah Korut berjanji untuk mengembangkan kekuatan nuklirnya "dengan kecepatan secepat mungkin".

Seperti dilaporkan Reuters, peluncuran itu, yang menandai uji coba senjata utama ke-14 Korea Utara tahun ini, dilakukan beberapa hari sebelum Presiden Korea Selatan yang baru terpilih Yoon Suk-yeol menjabat pada 10 Mei.



Rincian proyektil, termasuk jangkauan terbang dan ketinggiannya, tidak segera tersedia. Penjaga Pantai Jepang mengatakan itu bisa jadi rudal balistik.

Pekan lalu, pemimpin Korut Kim Jong-un berjanji untuk mempercepat pengembangan persenjataan nuklir negaranya sambil mengawasi parade militer besar-besaran saat pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat tetap terhenti.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) ingin Dewan Keamanan PBB memberikan suara pada bulan Mei untuk memberikan sanksi lebih lanjut kepada Korut atas peluncuran rudal balistiknya yang baru. Hal itu diungkapkan Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield.

AS mengedarkan rancangan resolusi awal kepada 15 anggota dewan bulan lalu, yang mengusulkan pelarangan tembakau dan mengurangi separuh ekspor minyak ke Korut dan memasukkan kelompok peretas Lazarus ke daftar hitam.



Namun, Rusia dan China telah mengisyaratkan penentangan untuk meningkatkan sanksi sebagai tanggapan atas peluncuran rudal balistik antarbenua Pyongyang pada Maret - yang pertama sejak 2017. Sebuah resolusi Dewan Keamanan membutuhkan sembilan suara "ya" untuk disahkan, tanpa veto oleh Rusia, China, Perancis, Inggris atau AS.

"Adalah rencana kami untuk bergerak maju dengan resolusi itu selama bulan ini," kata Duta Besar AS Linda Thomas-Greenfield kepada wartawan ketika ditanya apakah dia akan memberikan suara. AS adalah presiden Dewan Keamanan untuk bulan Mei.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)