Pertahanan Udara Rusia Tembak Jatuh Rudal Tochka-U Ukraina

Rabu, 04 Mei 2022 - 09:16 WIB
loading...
Pertahanan Udara Rusia Tembak Jatuh Rudal Tochka-U Ukraina
Pertahanan Udara Rusia Tembak Jatuh Rudal Tochka-U Ukraina. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Pertahanan udara Rusia pada Selasa (3/5/2022) menembak jatuh rudal Tochka-U Ukraina dan mencegat 9 roket Smerch di atas Republik Rakyat Donetsk dan Wilayah Kharkov. Hal itu diungkapkan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov.

“Pertahanan udara Rusia di daerah Rudnya, Wilayah Chernigov, menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak Ukraina. Di daerah Novaya Dmitrovka, satu rudal balistik Tochka-U ditembak jatuh dalam penerbangan,” kata Konashenkov, seperti dikutip dari TASS.



Sembilan roket yang ditembakkan dengan beberapa peluncur Smerch dicegat di udara. wilayah Alexandrovka dan Kamenka di Republik Rakyat Donetsk, dan juga dekat Semyonovoskoye, Donetskoye, Malaya Kamyshevakha dan Chervony Shakhtyor, di Wilayah Kharkov.

Menurut statistik Kementerian Pertahanan Rusia, daftar kerugian Ukraina yang diderita sejak awal operasi militer khusus adalah sebagai berikut: 146 pesawat, 112 helikopter, 697 kendaraan udara tak berawak, 287 sistem rudal anti-pesawat, 2.793 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya. 319 peluncur roket ganda, 1.267 artileri lapangan dan mortir, dan 2.598 kendaraan militer khusus.

Tochka-U adalah versi modern dari sistem rudal taktis berakurasi tinggi Soviet, Tochka, yang dikembangkan oleh Biro Desain Teknik Mesin Kolomna. Tugasnya adalah mengenai target kecil yang berjarak 15-120 kilometer di dalam pertahanan musuh.



Rudal ini terdiri dari rudal satu tahap, membawa hulu ledak tak terpisahkan dan dikendalikan di seluruh jalur penerbangan. Di Rusia, Tochka-U terakhir ditarik dari layanan pada akhir 2019. Semua unit yang telah menggunakannya sebelumnya dipersenjatai kembali dengan sistem rudal operasional-taktis Iskander-M.

Rusia juga mengklaim telah menyerang sebuah lapangan terbang militer di dekat kota Odesa, barat daya Ukraina dengan rudal. Serangan itu menghancurkan pesawat tak berawak, rudal dan amunisi yang dipasok ke Ukraina oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutu Eropanya.

“Rudal Onyx berpresisi tinggi menyerang pusat logistik di lapangan terbang militer di wilayah Odesa tempat pengiriman senjata asing,” kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)