Putin pada Guterres: Rusia Masih Punya Harapan Akhiri Konflik Lewat Negosiasi

Rabu, 27 April 2022 - 12:20 WIB
loading...
Putin pada Guterres: Rusia Masih Punya Harapan Akhiri Konflik Lewat Negosiasi
Putin pada Guterres: Rusia Masih Punya Harapan Akhiri Konflik Lewat Negosiasi. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang sedang berkunjung ke Moskow, bahwa dia masih berharap negosiasi untuk mengakhiri konflik di Ukraina .

"Terlepas dari kenyataan bahwa operasi militer sedang berlangsung, kami masih berharap bahwa kami akan dapat mencapai kesepakatan di jalur diplomatik," kata Putin kepada Guterres dalam sambutan yang disiarkan televisi setelah pertemuan mereka di Kremlin, Selasa (26/4/2022).



Putin mencatat bahwa negosiator Rusia dan Ukraina membuat apa yang dia sebut sebagai “terobosan serius” dalam pembicaraan mereka di Istanbul bulan lalu. Namun, menurut Putin, upaya itu telah digagalkan oleh klaim kekejaman yang dilakukan oleh pasukan Rusia di kota Bucha di luar Kiev.

"Ada provokasi di desa Bucha, yang tidak ada hubungannya dengan Angkatan Darat Rusia," kata Putin, seperti dikutip dari Radio Free Europe.

Selama pertemuan tersebut, Guterres mengkritik tindakan militer Rusia di Ukraina sebagai pelanggaran mencolok terhadap integritas teritorial tetangganya. Dia juga mendesak Rusia untuk mengizinkan evakuasi warga sipil yang terperangkap di pabrik baja.



Putin menanggapi dengan mengklaim bahwa pasukan Rusia telah menawarkan koridor kemanusiaan, tetapi menurut Putin, para pejuang Ukraina di pabrik menggunakan warga sipil sebagai perisai dan tidak mengizinkan mereka untuk pergi.

Sebelum bertemu dengan presiden Rusia, Guterres sebelumnya telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov dan mengatakan kepadanya bahwa dia prihatin dengan laporan kemungkinan kejahatan perang di Ukraina dan bahwa penyelidikan independen diperlukan.

Putin juga "pada prinsipnya" menyetujui keterlibatan PBB dan Palang Merah Internasional dalam evakuasi warga sipil dari pabrik Azovstal di Mariupol Ukraina, kata PBB dalam sebuah pernyataan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)