Pria Ini Evakuasi 200 Orang dari Mariupol dengan Mobil Van yang Rusak

Selasa, 26 April 2022 - 21:49 WIB
loading...
Pria Ini Evakuasi 200 Orang dari Mariupol dengan Mobil Van yang Rusak
Mykhailo Puryshev berhasil menyelamatkan 200 orang dari Mariupol, Ukraina, dengan mobil van yang rusak. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Ketika pasukan Rusia memperketat pengepungannya Mariupol dan rudal-rudal menghujani, Mykhailo Puryshev melaju ke kota itu enam kali bulan lalu hanya untuk mengevakuasi warganya. Entah bagaimana ceritanya, ia bisa selamat meskipun mobil van merahnya hancur.

Pria Ukraina berusia 36 tahun, yang pernah mengelola klub malam di kota itu, mengatakan dia mengevakuasi lebih dari 200 orang dalam enam perjalanannya yang berbahaya. Aksinya ini kemudian menarik orang lain dan ikut bergabung dengannya dalam konvoi ke kampung halamannya.

Rusia pekan lalu mengklaim memegang kendali atas kota pelabuhan strategis itu, yang menjadi sasaran serangan perang paling intens, meskipun ratusan pasukan Ukraina masih dibiarkan di sana berlindung di sebuah pabrik baja yang luas. Ukraina mengatakan sekitar 100.000 warga sipil terdampar di kota itu.

Perjalanan yang dilakukan secara pribadi seperti Puryshev telah menjadi penyelamat bagi warga sipil yang kelaparan karena upaya untuk mendirikan koridor kemanusiaan berulang kali menemui kegagalan.

"Ketika saya pertama kali pergi (pada 8 Maret), kota itu seperti awan asap, seperti api unggun. Terakhir kali saya pergi, (kota) itu hanya abu dengan batu bara hitam bangunan," kata Puryshev seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (26/4/2022).



Puryshev merilis video online tentang perjalanannya yang menawarkan pemandangan langka ke kota. Ponsel tidak berfungsi di sana dan informasinya kurang.

Busnya, yang dibeli teman-temannya khusus untuk evakuasi, memiliki kaca depan, tiga jendela samping dan satu pintu samping hancur dalam sebuah serangan, katanya.

"Syukurlah tidak ada orang di dalam," ujarnya.

Dia memperbaiki van di antara perjalanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)