Khawatir Bernasib Seperti Shanghai, Hampir 21 Juta Warga Beijing Jalani Tes COVID-19

Selasa, 26 April 2022 - 18:54 WIB
loading...
Khawatir Bernasib Seperti Shanghai, Hampir 21 Juta Warga Beijing Jalani Tes COVID-19
Otoritas Beijing melakukan tes virus Corona massal untuk hampir semua 21 juta penduduknya, karena khawatir dapat ditempatkan di bawah penguncian yang ketat seperti Shanghai. Foto/Firstpost
A A A
BEIJING - Otoritas Beijing melakukan tes virus Corona massal untuk hampir semua 21 juta penduduknya. Itu dilakukan karena muncul kekhawatiran bahwa Ibu Kota China itu dapat ditempatkan di bawah penguncian yang ketat seperti Shanghai.

China sedang berusaha menahan gelombang infeksi di Shanghai - kota terbesarnya - yang hampir seluruhnya dikunci selama berminggu-minggu dan melaporkan 52 kematian terbaru akibat COVID-19 pada Selasa (26/4/2022).

Pihak berwenang Beijing telah memerintahkan orang-orang di 12 distrik pusat yang merupakan sebagian besar penduduknya untuk menjalani tiga putaran pengujian PCR setelah mendeteksi lusinan kasus di kota itu dalam beberapa hari terakhir.

Distrik pusat kota terpadat di ibu kota, Chaoyang, adalah yang pertama memesan pengujian massal mulai Senin, dengan orang-orang menunggu dalam antrean panjang untuk di-swab oleh petugas kesehatan dengan alat pelindung.

Sebelas distrik lagi mulai melakukan pengujian pada hari ini, seperti dikutip dari France24.



Perintah pengujian untuk Chaoyang memicu pembelian panik (panic buying) sejak Minggu malam, dengan penduduk mengantre di supermarket bersama troli yang penuh dan tas belanja yang menggembung ketika media pemerintah mencoba meyakinkan publik bahwa ada banyak persediaan.

Penduduk Beijing mengatakan kepada AFP bahwa mereka khawatir akan terulangnya penguncian mendadak di Shanghai, di mana orang-orang berjuang untuk mendapatkan makanan dan perawatan medis untuk kondisi non-COVID.

Pejabat kesehatan kota Xu Hejian pada Senin kemarin mengatakan bahwa penyebaran virus di Beijing masih "dalam lingkup kendali".

Ibukota China itu melaporkan 33 kasus baru pada hari ini, masih sebagian kecil dari penghitungan harian Shanghai yang mencapai 16.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)