Singgung China, Menhan Dutton Sebut Australia Harus Siap Perang

Senin, 25 April 2022 - 13:58 WIB
loading...
A A A
“Kami berada dalam periode yang sangat mirip dengan tahun 1930-an sekarang dan saya pikir ada banyak orang di tahun 1930-an yang berharap mereka berbicara lebih awal dalam dekade ini,” katanya.

Disampaikan dengan komentar Dutton pada konferensi pers singkat di Darwin, wakil dari Partai Buruh Richard Marles mengeklaim apa yang dilakukan menteri pertahanan adalah kata-kata, tidak ada tindakan.

“Kami berada pada momen dalam sejarah kami di mana keadaan strategis kami sama kompleksnya dengan banyak poin sejak akhir Perang Dunia II,” katanya.

Menolak catatan pemerintah, Marles menunjuk pada dumping kontrak kapal selam Prancis yang mendukung kapal bertenaga nuklir yang dirancang Inggris dan Amerika Serikat (AS)-- yang diperkirakan tidak akan tiba sampai tahun 2040.

“Kami tentu perlu mempersiapkan, tetapi kami belum melihat persiapan di bawah pemerintahan ini.”

"Ini adalah pemerintah yang berulang kali gagal," tambah Marles.

Ditanya apakah dia khawatir tentang China yang melintasi "garis merah" PM Morrison, wakil dari Partai Buruh itu mengatakan sebuah pangkalan militer di Pasifik akan secara dramatis mengubah kerangka keamanan nasional Australia.

“Bahwa kami mendapati diri kami mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, pada saat ini, mengatakan segala sesuatu tentang kegagalan Scott Morrison dalam mengelola hubungan di Pasifik, dan khususnya kegagalan Scott Morrison untuk mengelola hubungan dengan Kepulauan Solomon.”

Baik Morrison dan pemimpin oposisi Anthony Albanese menghubungkan perang di Ukraina dengan semangat Anzac.

"Pada hari khusus ini, saat kami menghormati mereka yang berjuang untuk kebebasan dan kebebasan kami, kami mendukung rakyat Ukraina yang melakukan hal yang sama saat ini," kata Morrison.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)