Mengenal Phoenix Ghost, Drone Hantu AS untuk Ukraina Lawan Rusia

Sabtu, 23 April 2022 - 11:56 WIB
loading...
Mengenal Phoenix Ghost, Drone Hantu AS untuk Ukraina Lawan Rusia
AS akan memasok drone misterius Phoenix Ghost ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Foto/ABC-CBN News
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan bahwa Washington akan memberi Ukraina bantuan keamanan baru senilai USD800 juta. Menurut Pentagon, bantuan itu mencakup 72 Howitzer, 144.000 peluru artileri, komponen dan peralatan lainnya, dan lebih dari 121 drone taktis Phoenix Ghost.

Drone Phoenix Ghost sebelumnya tidak pernah terdengar di dunia militer dan tiba-tiba Amerika akan mengirimkannya ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia.

Pada kenyataannya, kendaraan udara yang ramai disebut sebagai "drone hantu" itu dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di California, dan mampu menargetkan objek lapis baja sedang sambil tetap berada di udara lebih lama.

Menurut laporan Politico, Sabtu (23/4/2022), AEVEX Aerospace, yang berbasis di California, mengembangkan pesawat nirawak misterius tersebut.



Perusahaan ini didirikan pada tahun 2017 dan mempekerjakan 500 pekerja dengan kantor di California, North Carolina, dan Virginia.

Phoenix Ghost tidak termasuk dalam daftar produk di situs web perusahaan, yang berisi sejumlah drone untuk berbagai kegunaan.

AEVEX dilaporkan memiliki tempat pelatihan di Roswell, New Mexico, tempat Phoenix Ghost kemungkinan besar diuji coba.

"Phoenix Ghost adalah jenis pesawat yang berbeda, itu adalah pesawat satu arah yang efektif terhadap target darat lapis baja menengah," kata pensiunan Letnan Jenderal David Deptula, dekan di Mitchell Institute for Aerospace Studies yang juga anggota dewan direksi AEVEX.

Menurut laporan tersebut, drone misterius ini dapat lepas landas secara vertikal, terbang selama enam jam atau lebih untuk mencari atau melacak target, dan menggunakan sensor inframerah untuk beroperasi di malam hari.

Lebih dari itu, Phoenix Ghost memiliki kemampuan berkeliaran lebih lama daripada drone Switchblade, yang hanya bisa terbang sekitar satu jam.

AEVEX adalah hasil penggabungan tiga perusahaan yang berhubungan dengan pertahanan: Merlin Global Services, CSG Solutions, dan Special Operations Solutions.

Pengembangan jalur cepat disebut sebagai bagian dari dorongan Pentagon yang lebih besar untuk bekerja dengan usaha kecil untuk mengembangkan dan membeli teknologi baru di luar hierarki akuisisi yang berat yang sering menghambat atau membunuh ide-ide inovatif.

Juru bicara Pentagon John Kirby pada awal pekan ini mengatakan program pesawat tak berawak Phoenix Ghost Angkatan Udara, yang sudah dalam pengembangan selama beberapa waktu sebelum operasi militer khusus yang sedang berlangsung dimulai pada akhir Februari, memenuhi kriteria tepat Ukraina dan memiliki kemampuan serupa dengan drone AeroVironment Switchblade.

Switchblade adalah drone seberat 5,5 lb (sekitar 2,5 kg) yang dapat berkeliaran di suatu area selama 30 hingga 40 menit sebelum menabrak targetnya dan meledakkan hulu ledak kecil. AS mulai menyebarkannya ke Ukraina pada bulan April.

Menurut seorang pejabat senior Pentagon pada konferensi pers Kamis ini, drone Phoenix Ghost dibuat sebagai tanggapan terhadap spesifikasi Ukraina dan akan membutuhkan pelatihan minimal.

“Apa yang dapat saya katakan tentang [drone] Phoenix Ghost adalah ini dikembangkan dengan cepat oleh Angkatan Udara [AS] sebagai tanggapan khusus terhadap persyaratan Ukraina,” kata pejabat itu.

“Ini akan membutuhkan beberapa pelatihan minimal untuk operator UAS [sistem pesawat tak berawak] yang berpengetahuan luas untuk dapat menggunakannya, dan kami akan bekerja melalui persyaratan pelatihan tersebut secara langsung dengan Angkatan Bersenjata Ukraina.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)