Vladimir Putin Deklarasikan Kemenangan di Mariupol

Kamis, 21 April 2022 - 22:31 WIB
loading...
Vladimir Putin Deklarasikan Kemenangan di Mariupol
Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan kemenangan di Mariupol. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim kemenangan dalam pertempuran di Mariupol pada Kamis (21/4/2022). Ia bahkan memerintahkan pasukannya untuk tidak mengambil risiko kerugian lebih banyak dengan menyerbu pabrik baja raksasa yang berisi kantong terakhir perlawanan Ukraina di kota itu.

Sebagai gantinya, dia mengarahkan pasukannya untuk menutup pabrik Azovstal "agar tidak ada lalat yang masuk."

Pasukan Rusia telah membombardir kota pelabuhan tenggara Ukraina itu sejak hari-hari awal konflik dan sebagian besar membuatnya menjadi reruntuhan. Pejabat tinggi telah berulang kali mengklaim kota itu akan jatuh, tetapi pasukan Ukraina dengan keras kepala memilih bertahan.



Dalam beberapa minggu terakhir, beberapa ribu pejuang, menurut perkiraan Rusia, bersembunyi di labirin terowongan dan bunker di pabrik baja yang luas, ketika pasukan Rusia menggempur situs tersebut dan berulang kali mengeluarkan ultimatum yang memerintahkan mereka menyerah.

Namun pada hari Kamis, seperti yang telah dia lakukan sebelumnya, Putin tampaknya mengubah narasi dan menyatakan kemenangan tanpa harus merebut pabrik baja tersebut.

“Penyelesaian pekerjaan tempur untuk membebaskan Mariupol telah sukses,” katanya dalam sebuah penampilan dengan menteri pertahanannya.

"Selamat," imbuhnya seperti dikutip dari The Associated Press.



Dengan menggambarkan misi sebagai sebuah keberhasilan, Putin mungkin berusaha untuk mengalihkan fokus dari pabrik, yang telah menjadi simbol perlawanan global. Bahkan tanpa pabrik, Rusia tampaknya memiliki kendali atas sisa kota dan pelabuhan vitalnya, meskipun fasilitas itu tampaknya telah rusak parah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0829 seconds (0.1#10.140)