Bom mobil Irak bunuh 6 peziarah Iran

Sabtu, 08 Juni 2013 - 08:08 WIB
Bom mobil Irak bunuh 6 peziarah Iran
Bom mobil Irak bunuh 6 peziarah Iran
A A A
Sindonews.com-Sebuah bom mobil di kota utara Baghdad yang bergolak Baghdad, Jumat (7/6/2013) menewaskan enam peziarah Iran. Pajabat setempat khawatir insiden itu akan memicu perang sektarian.

Dikutip Reuters, sebanyak 23 jamaah terluka dalam serangan yang menyasar bus mereka tumpangi, saat melewati Kota Muqdadiyah, usai perjalanan dari perbatasan Iran ke kota suci Syiah, Najaf. Najaf, yang terletak di selatan Baghdad, adalah terdapat bangunan suci yang dihormati kaum Muslim Syiah.

Kunjungan Muslim Syiah ke tempat-tempat suci dan tempat ibadah di kota itu, sebenarnya menjadi tulang punggung industri pariwisata Irak. Sebagian besar pengunjung berasal dari Iran.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas pemboman pada Jumat ini. Tapi militan Sunni, termasuk yang terkait dengan Al-Qaeda, selama ini menargetkan serangan mereka pada kaum Muslim Syiah. Dalam pandangan militan Sunni, kelompok Muslim Syiah adalah murtad.

Serangan di Irak telah meningkat tajam. Lonjakan korban terbanyak terjadi pada Mei. Kekerasan kian menjadi sejak awal tahun, seiring dengan meningkatnya rasa ketidakpuasan dari minoritas Arab Sunni, yang menggelar protes pada akhir Desember lalu.

Utusan PBB untuk Irak, juga telah memperingatkan bahwa kekerasan di negeri itu mirip bom waktu yang setiap saat bisa meledak.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3162 seconds (0.1#10.140)