Banjir besar landa Eropa, Slovakia dinyatakan darurat

Rabu, 05 Juni 2013 - 16:23 WIB
Banjir besar landa Eropa, Slovakia dinyatakan darurat
Banjir besar landa Eropa, Slovakia dinyatakan darurat
A A A
Sindonews.com- Banjir besar masih melanda beberapa negara di Eropa. Salah satu negara di Eropa, Slovakia menyatakan darurat banjir.

Xinhua pada Rabu (5/6/2013) melaporkan, Kota Tua di Ibu Kota Slovakia,Bratislava mengumumkan keadaan darurat pada Selasa sore. ”Karena air Sungai Danube naik,” kata juru bicara pemerintah daerah setempat, Tomas Halan.

Menurut Halan, pemerintah melarang mobil-mobil di parkir di jalan-jalan dekat sungai Danube. Dari Jerman dilaporkan, ribuan tentara jerman dikerahkan untuk membantu kota-kota yang terendam banjir.

Kanselir Jerman, Angela Merkel yang sudah meninjau berbagai kota, berjanji memberikan bantuan 100 juta euro atau USD 130 juta dalam bentuk bantuan langsung untuk daerah yang dilanda banjir. Sekitar 11 orang tewas dalam musibah yang melanda Eropa tengah, tujuh di antaranya dari Republik Ceko.

Sementara, sembilan orang dilaporkan hilang saat banjir melanda Swiss dan Austria. Pemerintah Austria berharap banjir segera surut. Di Republik Ceko, 9.000 orang telah diungsikan.

Di Praha, permukaan air sungai Vltava memuncak pada Selasa pagi. Walikota Praha, Tomas Hudecek memperkirakan, nilai kerugian dari kerusakan infrastruktur akibat banjir bisa mencapai ratusan juta Euro.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5034 seconds (0.1#10.140)