Balas Dendam, Putin Larang PM Inggris dan Anak Buahnya Masuk Rusia

Sabtu, 16 April 2022 - 20:48 WIB
loading...
Balas Dendam, Putin Larang PM Inggris dan Anak Buahnya Masuk Rusia
Pemerintah Presiden Rusia Vladimir Putin melarang Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan banyak anak buahnya memsuki Inggris sebagai pembalasan atas tindakan serupa dari London. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Pemerintah Presiden Vladimir Putin telah melarang Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson dan banyak anak buahnya memasuki wilayah Rusia. Ini sebagai pembalasanatas tindakan bermusuhan London terhadap Moskow.

Menteri Luar Negeri Liz Truss, Menteri Pertahanan Ben Wallace, Kanselir Rishi Sunak, Wakil Perdana Menteri Dominic Raab dan Menteri Dalam Negeri Priti Patel masuk dalam “stop list" Kremlin.

Anggota senior kabinet lainnya dan serentetan politisi lain juga telah dilarang.

Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon dan mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May termasuk di antara tokoh-tokoh dalam daftar sasaran Putin.



Secara keseluruhan, 13 anggota pemerintah dan politisi Inggris sekarang dilarang memasuki Rusia.

“Sehubungan dengan tindakan permusuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari pemerintah Inggris, yang diungkapkan, khususnya, dalam pengenaan sanksi terhadap pejabat tinggi Federasi Rusia, keputusan dibuat untuk memasukkan anggota kunci pemerintah Inggris dan sejumlah tokoh politik di 'stop list' Rusia," kata pemerintah Putin dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip The Sun, Sabtu (16/4/2022).

“Pada dasarnya, kepemimpinan Inggris sengaja memperburuk situasi di sekitar Ukraina, memompa rezim Kiev dengan senjata mematikan dan mengoordinasikan upaya serupa di pihak NATO," lanjut pernyataan tersebut.

Pengumuman sanksi dari Rusia terhadap Inggris itu muncul ketika Putin mengecam sanksi London yang “bermusuhan” yang dikenakan pada sejumlah orang Rusia yang memiliki hubungan dengan Kremlin, setelah perang pecah di Ukraina.

Sementara langkah itu akan dilihat sebagai sebagian besar simbolis, itu adalah tanda lain dari hubungan diplomatik yang memanas antara Moskow dan London.

Pemerintah Inggris memberlakukan sejumlah sanksi terhadap sekutu utama Putin, termasuk miliarder pemilik klub sepak bola Chelsea Roman Abramovich.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)