Ukraina Tangkap Pemimpin Oposisi Anti-Barat, Zelensky Senang

Rabu, 13 April 2022 - 04:39 WIB
loading...
Ukraina Tangkap Pemimpin Oposisi Anti-Barat, Zelensky Senang
Badan Intelijen Ukraina menangkap pemimpin oposisi anti-Barat, Viktor Medvedchuk. Foto/Telegram/Zelenskiy/Official
A A A
KIEV - Badan Intelijen Ukraina (SBU) menangkap pemimpin oposisi setempat yang dikenal anti-Barat, Viktor Medvedchuk. Presiden Volodymyr Zelensky senang dengan penangkapan tersebut.

Zelensky pada Selasa (12/4/2022) malam membagikan foto pesaingnya yang dalam kondisi diborgol di akun Telegramnya, dengan judul: “Operasi khusus dilakukan oleh SBU. Sudah selesai dilakukan dengan baik! Detail menyusul."

Medvedchuk mengepalai partai terbesar kedua di Parlemen nasional, “Opposition Platform—For Life.”

Dia sebelumnya ditempatkan di bawah tahanan rumah, sejak tahun lalu, sebagai bagian dari tindakan keras Zelensky terhadap perbedaan pendapat, yang diberikan persetujuan diam-diam oleh pendukung Barat-nya.

Dibentuk pada tahun 1991, untuk menggantikan KGB era Soviet, SBU adalah badan intelijen dan keamanan utama Ukraina.



Medvedchuk, yang menentang Revolusi Maidan 2014, dan percaya bahwa tindakan Barat merugikan kepentingan Ukraina, telah memimpin partainya sejak 2018. Dia sebelumnya menjabat sebagai kepala staf mantan Presiden Leonid Kuchma pada awal 2000-an.

Beberapa komentator Barat telah melabelinya sebagai "sekutu terdekat Vladimir Putin di Ukraina." Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkan Medvechuk sebagai "nasionalis Ukraina."

Pada 2019, Opposition Platform—For Life memenangkan 13% suara dalam Pemilu Parlemen, menjadikannya faksi oposisi terbesar di negara itu. Tahun lalu, jajak pendapat menunjukkan bahwa ia telah mengalahkan Servant of the People, partainya Zelensky, sebagai partai paling populer di negara itu.

Hal itu diduga memicu tindakan keras oleh Zelensky, yang menutup outlet media yang terkait dengan Medvedchuk. Segera setelah itu, politisi itu ditangkap atas tuduhan "pengkhianatan" yang bermotif politik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)