Vladimir Putin Peringatkan Barat: Rusia Tidak Dapat Diisolasi!

Rabu, 13 April 2022 - 04:05 WIB
loading...
Vladimir Putin Peringatkan Barat: Rusia Tidak Dapat Diisolasi!
Presiden Vladimir Putin memperingatkan Barat bahwa Rusia tidak dapat diisolasi setelah meluncurkan operasi militer ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin memperingatkan Barat bahwa Rusia tidak dapat diisolasi. Dia juga menegaskan tujuan Moskow di Ukraina sudah jelas dan mulia.

Pemimpin Kremlin itu mengatakan kekuatan Barat akan gagal jika mereka berusaha untuk mengisolasi Moskow. Dia mengutip keberhasilan program luar angkasa Soviet sebagai bukti.

Saat mengunjungi pelabuhan antariksa di Timur Jauh Rusia hari Selasa, penguasa Rusia itu mengeklaim negaranya memiliki sejarah membuat lompatan maju yang spektakuler dalam kondisi sulit.

Putin melanjutkan dengan mengatakan Kremlin tidak akan pernah lagi bergantung pada Barat setelah kekuatan global memberlakukan sanksi yang melumpuhkan untuk menghukumnya karena memerintahkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari—dalam apa yang disebutnya "operasi militer khusus" untuk "mende-Nazifikasi" tetangganya.



Enam puluh satu tahun sejak Yuri Gagarin dari Uni Soviet melejit ke dalam buku-buku sejarah dengan menjadi manusia pertama di luar angkasa, Putin melakukan perjalanan ke Kosmodrom Vostochny di Timur Jauh Rusia, 3.450 mil (5.550 km) timur Moskow.

"Kami tidak dimaksudkan untuk diisolasi," kata Putin.

"Mustahil untuk mengisolasi siapa pun di dunia modern—terutama negara yang sangat luas seperti Rusia."

Keberhasilan Rusia di bidang ruang angkasa dalam Perang Dingin seperti penerbangan Gagarin dan peluncuran Sputnik 1 tahun 1957, satelit buatan pertama dari Bumi, memiliki relevansi khusus untuk Rusia, yakni kedua peristiwa tersebut mengejutkan Amerika Serikat.

Peluncuran Sputnik 1 mendorong Amerika Serikat untuk membuat NASA dalam upaya untuk mengejar ketertinggalan dari Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)