Tangan Mati Rusia, Senjata yang Tembakkan 30 Nuklir Sekaligus Mampu Lenyapkan Barat

Rabu, 13 April 2022 - 00:01 WIB
loading...
Tangan Mati Rusia, Senjata yang Tembakkan 30 Nuklir Sekaligus Mampu Lenyapkan Barat
Rusia miliki sistem Tangan Mati, perangkat yang mampu tembakkan 30 hulu ledak nuklir sekaligus dan mampu melenyapkan negara-negara Barat. Ini merupakan sistem senjata pembalasan mengerikan jika Rusia diserang senjata nuklir lebih dulu. Foto/Euromaidanpres
A A A
MOSKOW - Pemerintah Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki sistem senjata nuklir menakutkan di gudang senjatanya yang dikenal sebagai "Dead Hand" atau Tangan Mati". Perangkat ini mampu menembakkan 30 hulu ledak nuklir sekaligus yang bisa melenyapkan negara-negara Barat.

Sistem "Tangan Mati" Rusia, yang dianggap sebagai salah satu sistem nuklir paling merusak di Bumi memiliki nama lain Perimeter.

Perangkat ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak era Perang Dingin, namun dilaporkan telah di-upgrade tiga tahun lalu.

Ini adalah sistem kontrol otomatis yang ditujukan untuk serangan nuklir pembalasan.



Artinya, jika wilayah Rusia terkena serangan nuklir, sistem Perimeter otomatis menyerang musuh sebagai balasannya.

Pada 2011, komandan Rusia saat itu, Sergei Karakaev, mengonfirmasi keberadaan perangkat "Tangan Mati".

"Ya, sistem Perimeter ada hari ini, ia sedang dalam tugas tempur," katanya kepada situs berita Rusia, KP.RU.

“Dan ketika kebutuhan muncul untuk serangan balasan, ketika tidak ada cara untuk membawa sinyal ke beberapa bagian peluncur, komando ini dapat datang dari rudal-rudal ini dari Perimeter," lanjut dia.

Diperkirakan bahwa sistem komando dan kontrol mampu mengukur komunikasi pada frekuensi militer, tingkat radiasi dan indikasi lain dari serangan nuklir.

Ivan Konovalov, direktur pengembangan Foundation for the Promotion of Technologies of the 21st Century, menjelaskan: “Sistem ini melewati beberapa modifikasi selama bertahun-tahun dieksploitasi."

“Pertama-tama, Rusia terintegrasi ke dalam sarana baru intelijen radio-listrik seperti radar kelas Voronezh yang mampu mendeteksi peluncuran rudal hingga 7.000 kilometer jauhnya," paparnya.

“Kedua, para insinyur memodifikasi hulu ledaknya untuk menahan sarana perang elektronik baru yang mematikan sinyal radio," imbuh dia.

Hal ini juga diyakini untuk mengirimkan perintah serangan lain pada pasukan Rusia juga, seperti dengan pesawat pengebom atau kapal selam.

Setelah pengukuran serangan nuklir diambil, diperkirakan Perimeter dapat memulai urutan yang menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) Rusia.

Pada Februari lalu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menekankan bahwa jika eskalasi konflik Ukraina menjadi Perang Dunia III, maka itu akan menjadi perang nuklir dan destruktif.

Putin juga telah memerintahkan pasukan penangkal nuklir Rusia untuk berada dalam "siaga tinggi" karena ketegangan di Eropa timur terus meningkat.

Brandon Weichert, seorang analis geopolitik dan penulis Winning Space: How America Remains a Superpower, mengatakan kepada Express.co.uk, bahwa ini mungkin lebih dari sekadar ancaman kosong.

"Setiap kali Rusia terlibat dalam perang yang menarik minat NATO/AS, orang harus selalu khawatir tentang prospek eskalasi nuklir," ujarnya, yang dilansir Selasa (12/4/2022).

“Putin memiliki pandangan yang sangat berbeda tentang senjata nuklir non-strategis (nuklir taktis dari jenis yang ditimbun di Kaliningrad yang dikuasai Rusia)," paparnya.

“Putin memandang senjata-senjata itu bukan dalam istilah apokaliptik tetapi sebagai artileri raksasa yang digunakan untuk melunakkan garis pasukan lawan (NATO).”

Menurut Federasi Ilmuwan Amerika (FAS), Rusia memiliki sekitar 6.257 hulu ledak nuklir di gudang senjata senjatanya, yang sebagian besar diduga kuat terletak di barat negara itu.

Ada pusat uji coba di Yapustin Yar, tidak jauh dari pantai barat, dan pangkalan rudal balistik antarbenua (ICBM) Dambarovksiy, salah satu yang terdekat dengan Ukraina.

Ada beberapa pangkalan lagi, termasuk Darazhnya dan Pervomaysk yang tersebar lebih jauh di pantai.

Negara itu mengeklaim bahwa semua senjata senjata nuklir yang digunakan di luar Rusia telah ditarik ke wilayahnya sendiri.

Sekitar 1.444 senjata Rusia dikenal sebagai hulu ledak strategis, senjata yang dirancang untuk digunakan pada sasaran.

Itu terdiri dari 527 rudal balistik antarbenua (ICBM), rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM), dan pengebom berat. Data ini dari dokumen perjanjian New START.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)