Rusia Diduga Gunakan Senjata Kimia, Zelensky: Teror Memasuki Tahap Baru

Selasa, 12 April 2022 - 16:17 WIB
loading...
Rusia Diduga Gunakan Senjata Kimia, Zelensky: Teror Memasuki Tahap Baru
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan Rusia menyiapkan tahap baru sebuah teror setelah diduga menggunakan senjata kimia di Mariopol. Foto/Sky News
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyuarakan keprihatinan bahwa pasukan Rusia sedang menyiapkan "tahap baru sebuah teror" yang dapat melibatkan penggunaan senjata kimia di Ukraina.

"Hari ini penjajah mengeluarkan pernyataan baru, yang membuktikan persiapan mereka untuk tahap baru teror terhadap Ukraina dan pejuang kami," kata Zelensky.

"Salah satu juru bicara penjajah menyatakan bahwa mereka dapat menggunakan senjata kimia terhadap para pejuang Mariupol. Kami menganggap ini seserius mungkin," imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (12/4/2022).



Pernyataan Zelensky merujuk pada apa yang dikatakan oleh salah seorang pejabat separatis Ukraina yang didukung Rusia, Eduard Basurin. Dalam sebuah wawancara dengan televisi pemerintah Rusia, Basurin mengatakan bahwa pasukan yang didukung Rusia harus merebut pabrik logam raksasa di Mariupol dengan terlebih dahulu memblokir semua pintu keluar dari pabrik.

"Dan kemudian kami akan menggunakan pasukan kimia untuk mengeluarkan mereka dari sana," kata Basurin.

Sementara itu, pemimpin resimen Azov Andriy Biletsky mengklaim pada Senin kemarin bahwa tiga orang di Mariupol mengalami keracunan oleh bahan kimia perang, tetapi tidak sampai menimbulkan bencana.



Namun Petro Andryushchenko, seorang ajudan walikota Mariupol menulis bahwa serangan kimia belum dikonfirmasi dan para pejabat sedang “menunggu informasi resmi dari militer”.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengatakan pekerjaan sedang dilakukan untuk memverifikasi klaim tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)