Lockdown Bikin Warga Shanghai Frustrasi dan Marah

Minggu, 10 April 2022 - 09:54 WIB
loading...
Lockdown Bikin Warga Shanghai Frustrasi dan Marah
China melakukan tes COVID-19 massal terhadap warga Shanghai. Foto/Japan Times
A A A
BEIJING - Warga di Shanghai, China , menyatakan rasa frustrasinya atas kebijakan ketat "zero tolerance" COVID-19 di negara itu karena 26 juta orang tetap dikurung.

Shanghai adalah rumah bagi wabah virus terbesar di negara itu, dengan 23.000 kasus lokal baru dilaporkan pada hari Sabtu, menurut Associated Press. Namun, sebagian besar kasus tersebut tidak menunjukkan gejala, dengan lebih dari 1.000 orang mengalami gejala.

Meskipun demikian, China terus mempraktikkan kebijakan penguncian yang ketat, menutup kota sejak akhir bulan lalu dan melakukan inisiatif pengujian massal. Warga semakin mengeluh tentang penguncian, dengan banyak yang mengatakan mereka terjebak di rumah dan apartemen tanpa kebutuhan dasar karena panic buying dan persediaan yang terbatas di toko kelontong.



Video yang beredar di media sosial menunjukkan kekacauan saat orang-orang berebut makanan di toko atau berebut memesan barang-barang yang diperlukan melalui aplikasi, sementara yang lain meminta bantuan untuk mendapatkan obat. Dalam beberapa kasus, protokol karantina sangat ketat sehingga bahkan pemilik hewan peliharaan tidak dapat membawa anjing mereka keluar untuk menggunakan kamar mandi, menurut CNBC.

Penguncian Shanghai juga telah membatasi personel medis dan menyebabkan kekurangan staf yang signifikan di rumah sakit. Kerabat pasien di rumah sakit Perawatan Lansia Donghai Shanghai mengatakan kepada AP bahwa orang yang mereka cintai tidak menerima perawatan yang layak karena pekerja, yang telah melakukan kontak dengan virus, telah dipaksa untuk dikarantina.

Keluarga Shen Peiming yang berusia 71 tahun mengatakan kepada outlet berita bahwa dia meninggal di fasilitas itu minggu lalu karena dokter dan perawatnya tidak ada di sana untuk merawatnya. Asisten perawat terakhirnya telah dikarantina karena kontak dekat dengan kasus positif, kata seorang anggota keluarga yang tidak disebutkan namanya.



"Sudah berapa kali lockdown sejak 2020? Mereka masih belum punya pengalaman mengelola ini?" tanya kerabat itu kepada AP.

"Dulu, jika ada masalah, mereka selalu menelepon saya. Kali ini, bahkan tidak ada pesan suara, dan dia meninggal begitu tiba-tiba," imbuhnya seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (10/4/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)