Beijing Ancam Washington agar Ketua DPR AS Tak Kunjungi Taiwan

Kamis, 07 April 2022 - 22:35 WIB
loading...
Beijing Ancam Washington agar Ketua DPR AS Tak Kunjungi Taiwan
Beijing Ancam Washington agar Ketua DPR AS Tak Kunjungi Taiwan. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - China memperingatkan akan mengambil tindakan tegas jika Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan . Beijing mengatakan, kunjungan semacam itu akan sangat berdampak pada hubungan China-AS.

Beberapa hari terakhir muncul laporan media bahwa Pelosi akan mengunjungi Taiwan pekan depan. Kemungkinan kunjungan tersebut belum dikonfirmasi oleh kantor Pelosi atau pemerintah Taiwan, tetapi beberapa media Jepang dan Taiwan melaporkan hal itu akan terjadi setelah dia mengunjungi Jepang akhir pekan ini.



Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan, Beijing dengan tegas menentang semua bentuk interaksi resmi antara AS dan Taiwan, dan Washington harus membatalkan perjalanan tersebut.

“Jika AS bersikeras memiliki caranya sendiri, China akan mengambil tindakan tegas sebagai tanggapan untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan keutuhan wilayah. Segala kemungkinan konsekuensi yang timbul dari ini sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak AS,” tegas Lijian, seperti dikutip dari Reuters.

China menganggap Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri dan subjek tersebut merupakan sumber gesekan yang konstan antara Beijing dan Washington, terutama mengingat dukungan militer dan politik AS yang kuat untuk pulau itu.



Sementara itu i Taipei, juru bicara Kementerian Luar Negeri Taiwan, Joanne Ou hanya akan mengatakan bahwa mengundang pejabat dan pejabat AS selalu menjadi "bagian penting" dari pekerjaan kementerian, dan akan mengumumkan setiap kunjungan resmi pada waktu yang tepat.

Minggu ini menandai peringatan ke-43 Amerika Serikat menandatangani Undang-Undang Hubungan Taiwan, yang memandu hubungan tanpa adanya hubungan diplomatik formal dan mengabadikan komitmen AS untuk memberi Taiwan sarana untuk mempertahankan diri.

Terakhir kali seorang ketua DPR mengunjungi Taiwan adalah pada tahun 1997, ketika Newt Gingrich bertemu dengan Presiden Lee Teng-hui saat itu.



Pelosi, seorang kritikus lama terhadap China, khususnya pada masalah hak asasi manusia, mengadakan pertemuan virtual dengan Wakil Presiden Taiwan William Lai pada bulan Januari saat ia mengakhiri kunjungan ke Amerika Serikat dan Honduras.

Pelosi adalah salah satu politisi paling terkenal di Partai Demokrat yang berkuasa, dan kedua di garis suksesi presiden AS setelah wakil presiden. Taiwan telah berbesar hati dengan dukungan AS yang berkelanjutan yang ditawarkan oleh pemerintahan Biden, yang telah berulang kali berbicara tentang komitmen "kokoh" untuk pulau itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)