AS Jatuhkan Sanksi Baru, 2 Putri Putin Jadi Sasaran

Rabu, 06 April 2022 - 23:14 WIB
loading...
AS Jatuhkan Sanksi Baru, 2 Putri Putin Jadi Sasaran
Presiden Rusia Vladimir Putin dan putrinya Katerina Tikhonova. Foto/Business Insider
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia dengan menyasar pada lembaga keuangan dan individu, termasuk dua putri Presiden Rusia Vladimir Putin , Rabu (6/4/2022). Sanksi ini dimaksudkan untuk meningkatkan tekanan ekonomi pada Rusia dan Putin sendiri menyusul gambaran mengerikan dari kota Bucha di Ukraina.

“Kebrutalan yang memuakkan di Bucha telah memperjelas secara tragis sifat tercela dari rezim Putin, dan hari ini, sejalan dengan sekutu dan mitra G-7, kami mengintensifkan sanksi paling berat yang pernah dikenakan pada ekonomi besar,” kata seorang pejabat senior Biden kepada wartawan seperti dikutip dari ABC News.

Putaran baru sanksi termasuk larangan semua investasi baru di Rusia, peningkatan sanksi pada dua lembaga keuangan utama di Rusia - Sberbank dan Alfa-Bank - serta pada perusahaan milik negara besar Rusia, dan sanksi terhadap pejabat pemerintah Rusia serta anggota keluarga mereka termasuk putri Putin.



"Hari ini, kami memberikan sanksi kepada anak-anak Putin, istri Menteri Luar Negeri (Sergey) Lavrov dan putrinya serta anggota Dewan Keamanan Rusia," kata pejabat itu, termasuk mantan presiden dan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev dan Perdana Menteri Mikhail Mishustin, menurut Gedung Putih .

“Orang-orang ini telah memperkaya diri mereka sendiri dengan mengorbankan rakyat Rusia. Beberapa dari mereka bertanggung jawab untuk memberikan dukungan yang diperlukan untuk mendukung perang Putin di Ukraina," kata Gedung Putih dalam lembar fakta yang mengumumkan sanksi.

Tindakan ini memutuskan mereka dari sistem keuangan AS dan membekukan aset apa pun yang mereka miliki di Amerika Serikat," sambung pengumuman itu.



Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan kepada wartawan bahwa AS kini telah sepenuhnya memblokir lebih dari dua pertiga sektor perbankan Rusia, yang memiliki aset sekitar USD1,4 triliun sebelum invasi.

Pengumuman itu menyusul pernyataan Presiden Joe Biden pada hari Senin yang mencari sanksi lebih lanjut sebagai tanggapan atas kejahatan perang yang nyata di Bucha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)