3 Negara dengan Masjid Terbanyak di Dunia, Nomor 2 Umat Islam Sedang Ditekan

Selasa, 05 April 2022 - 15:51 WIB
loading...
3 Negara dengan Masjid Terbanyak di Dunia, Nomor 2 Umat Islam Sedang Ditekan
Umat Islam sedang sholat berjamaah di salah satu masjid di India. Foto/anadolu
A A A
NEW DELHI - Jumlah pemeluk agama Islam di dunia, berdasarkan Pew Research Center, akan mengalami peningkatan. Diperkirakan, pada tahun 2050, jumlah Muslim tumbuh 2,76 miliar atau 29,7% dari populasi dunia.

Hal ini berdampak pada kebutuhan masjid baru di berbagai negara. Mengutip TRT World, jumlah masjid di seluruh dunia sebanyak 3,6 juta masjid.

Sebagian besar masjid berada di negara yang memiliki populasi Muslim paling banyak. Berikut beberapa negara dengan masjid terbanyak di dunia.

1. Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang warga negaranya mayoritas memeluk agama Islam. Hal ini juga menyebabkan Indonesia menjadi negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Seiring dengan banyaknya pemeluk agama Islam, Indonesia juga disebut sebagai negara yang memiliki masjid terbanyak di dunia.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla mengatakan setidaknya ada 800 ribu masjid yang tersebar di seluruh daerah Indonesia.

Sementara, menurut data Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kementerian Agama RI, jumlah masjid dan mushala di Indonesia sebanyak 741.991.

2. India

Di India, Islam merupakan agama yang memiliki banyak pengikut setelah agama Hindu. Negara ini juga merupakan salah satu negara yang memiliki masjid terbanyak di dunia.

Tercatat, jumlah masjid di India mencapai lebih dari 300 ribu masjid. Di India juga terdapat Katra Masjid yang dibangun antara tahun 1723 - 1724.

Saat ini umat Islam di India sedang mengalami tekanan dari kelompok nasionalis Hindu yang mayoritas di negara itu.

Sejumlah kekerasan terhadap umat Islam meningkat di India dalam beberapa tahun terakhir.

3. Bangladesh

Bangladesh merupakan salah satu negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia. Komposisi penduduknya, 89% Islam, 10% Hindu, dan 0,9% agama lain seperti Buddha dan Kristen.

Diperkirakan terdapat sekitar 250 ribu masjid di Bangladesh. Di antaranya, masjid-masjid besar yang dapat menampung sampai 1 sampai 4 juta jemaah.

(sya)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1864 seconds (10.101#12.26)