Di Tengah Evakuasi Warga Mariupol, Pasukan Rusia Memburu Pejuang Ukraina

Sabtu, 02 April 2022 - 21:40 WIB
loading...
Di Tengah Evakuasi Warga Mariupol, Pasukan Rusia Memburu Pejuang Ukraina
Di Tengah Evakuasi Warga Mariupol, Pasukan Rusia Memburu Pejuang Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
ZAPORIZHZHIA - Ketika Dmytro Kartavov dan keluarganya bergabung dengan ribuan orang yang mencoba melarikan diri dari kota Mariupol yang dibom, satu hambatan tambahan menunggu ketika pasukan Rusia berusaha mengidentifikasi siapa pun yang bertempur dengan pasukan Ukraina yang mempertahankan kota itu.

"Mereka menelanjangi para pria itu, mencari tato," kata Kartayov, seorang tukang bangunan berusia 32 tahun, yang mengatakan tentara memberikan perhatian khusus pada lutut pria.



"Saya bekerja, saya melakukan perbaikan, tentu saja lutut saya - ini adalah lutut yang berfungsi. Mereka mengatakan - (Anda) memanjat parit, menggali, dan sejenisnya," lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

Berbicara di sebuah supermarket yang telah diubah menjadi pusat penerimaan tamu di kota Zaporizhzhia yang dikuasai Ukraina, sekitar 200 km dari Mariupol, dia mengatakan kepada Reuters bahwa keluarga tersebut meninggalkan kota yang terkepung ke barat, mencapai pelabuhan Berdyansk dengan bus sebelum menyeberang ke wilayah aman Ukraina.

Dalam perjalanan, Kartavov mengatakan, tentara Rusia memeriksa orang-orang untuk menemukan tanda-tanda mereka telah berperang dengan pasukan Ukraina.

"Mereka memeriksa lengan bawah saya, melihat tangan, memeriksa apakah saya menembak, apakah akan ada kapalan di lengan ini atau tidak," tambahnya.



Kementerian pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar atas pencarian tersebut. Mariupol, sebuah kota pelabuhan industri yang dekat dengan Republik Rakyat Donetsk yang memisahkan diri, memiliki populasi sebelum perang sekitar 400.000, tetapi kota itu telah dihancurkan oleh pemboman reguler sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Perlawanan sengit oleh pasukan Ukraina, termasuk tentara reguler dan anggota Batalyon Azov, milisi sayap kanan yang sekarang menjadi bagian dari Garda Nasional Ukraina, telah menahan serangan selama berminggu-minggu, menolak tuntutan Kremlin untuk meletakkan senjata mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)