AS Konfirmasi Beri Ukraina Perlindungan terhadap Senjata Kimia Rusia

Sabtu, 02 April 2022 - 07:19 WIB
loading...
AS Konfirmasi Beri Ukraina...
Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki konfirmasi bahwa AS memberi Ukraina perlindungan terhadap serangan senjata kimia Rusia yang mungkin terjadi setiap saat. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi telah memasok Ukraina dengan peralatan untuk menangkal serangan senjata kimia Rusia yang mungkin terjadi setiap saat. Konfirmasi ini disampaikan juru bicara Gedung Putih Jen Psaki.

Kendati demikian, Psaki menolak memberikan rincian tentang peralatan yang dikirim ke Kiev.

Psaki, seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/4/2022), menambahkan bahwa memberikan peralatan ke Ukraina tidak akan membahayakan kesiapan Washington untuk serangan kimia atau biologi musuh terhadap AS.

Pernyataan itu muncul beberapa minggu setelah Psaki memiliki ekspektasi bahwa Moskow mungkin berencana untuk menyebarkan senjata kimia atau biologi melawan Ukraina.



Dia awalnya membuat pernyataan itu sebagai tanggapan terhadap dokumen yang diterbitkan oleh Rusia, yang menuduh bahwa laboratorium yang didukung AS di Ukraina sedang mengembangkan senjata biologis.

“Ini semua adalah taktik yang jelas oleh Rusia untuk mencoba membenarkan serangan terencana, tidak beralasan, dan tidak dapat dibenarkan lebih lanjut terhadap Ukraina,” kata Psaki bulan lalu.

“Sekarang Rusia telah membuat klaim palsu ini, dan China tampaknya telah mendukung propaganda ini, kita semua harus waspada terhadap kemungkinan Rusia menggunakan senjata kimia atau biologi di Ukraina, atau untuk membuat operasi bendera palsu menggunakan mereka.”

Para pejabat AS juga menepis tuduhan berikutnya yang "tidak masuk akal" bahwa putra Presiden Joe Biden, Hunter Biden, telah terlibat dalam pembiayaan penelitian militer terhadap patogen berbahaya di biolab Ukraina. Namun, media Inggris; Daily Mail, pekan lalu melaporkan bahwa korespondensi yang ditemukan di laptop Hunter Biden yang ditinggalkan setidaknya sebagian menguatkan klaim Rusia.

Juga pada pekan lalu, Presiden Biden mengangkat alis ketika dia mengatakan kepada wartawan selama kunjungan ke Eropa bahwa NATO akan menanggapi "dalam segala bentuk" jika Rusia menggunakan senjata kimia di Ukraina.

Pejabat Gedung Putih kemudian membantah bahwa AS akan menggunakan senjata kimia, dengan mengatakan bahwa itu masih bertentangan dengan kebijakan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)