Sebut Putin Tidak Bisa Terus Berkuasa, Ini Penjelasan Biden

Selasa, 29 Maret 2022 - 14:51 WIB
loading...
Sebut Putin Tidak Bisa Terus Berkuasa, Ini Penjelasan Biden
Presiden AS Joe Biden memberikan penjelasan terkait pernyataannya Vladimir Putin tidak bisa terus berkuasa dalam pidatonya di Warsawa, Polandia pada akhir pekan lalu. Foto/Insider
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden angkat bicara setelah pernyataannya mengenai Presiden Rusia Vladimir Putin memicu kontroversi.

Dalam pidato di Warsawa, Polandia pada akhir pekan lalu Biden mengatakan Putin tidak bisa terus berkuasa, sebuah pernyataan yang membuat Gedung Putih sibuk membuat klarifikasi.

“Saya baru saja mengungkapkan kemarahan saya. Dia seharusnya tidak tetap berkuasa, sama seperti, Anda tahu, orang jahat tidak boleh terus melakukan hal-hal buruk,” kata Biden dalam menanggapi pertanyaan wartawan di Gedung Putih.



"Tapi itu tidak berarti kami memiliki kebijakan mendasar untuk melakukan apa pun untuk menjatuhkan Putin dengan cara apa pun," imbuhnya seperti dilansir dari CNN, Selasa (29/3/2022).

Biden dan Gedung Putih telah berulang kali mencoba mengklarifikasi pernyataan itu. Pemerintah AS dan sekutunya mengatakan Biden tidak menyuarakan perubahan rezim atau menyingkirkan Putin dari kekuasaan. Sebaliknya, mereka berpendapat bahwa Biden mengatakan mengatakan Putin tidak dapat diizinkan untuk mejalankan kekuasaan atas negara-negara tetangga.

“Saya sedang berbicara dengan orang-orang Rusia,” kata Biden lagi saat ditanya mengapa ia mengucapkan kalimat itu.

"Bagian terakhir dari pidato itu adalah berbicara dengan orang-orang Rusia," jelasnya.



"Saya mengomunikasikan hal ini, tidak hanya kepada orang-orang Rusia tetapi seluruh dunia. Ini hanya menyatakan fakta sederhana bahwa perilaku semacam ini sama sekali tidak dapat diterima. Sama sekali tidak dapat diterima. Dan cara untuk menghadapinya adalah dengan memperkuat dan menjaga NATO sepenuhnya bersatu dan membantu Ukraina di mana kita bisa," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)