Sanksi Baru AS Tampar Rusia, Sasar 300 Legislator dan Puluhan Perusahaan

Jum'at, 25 Maret 2022 - 02:01 WIB
loading...
Sanksi Baru AS Tampar Rusia, Sasar 300 Legislator dan Puluhan Perusahaan
AS menjatuhkan sanksi baru kepada Rusia atas invasi ke Ukraina. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi baru kepada Rusia , menargetkan lebih dari 300 anggota Parlemen dan puluhan perusahaan pertahanan. AS juga bergerak untuk membatasi kemampuan Rusia menggunakan cadangan emasnya guna menopang mata uangnya.

Tindakan tersebut, yang datang bersamaan dengan sanksi baru dari sekutu Barat, adalah upaya terbaru untuk menimbulkan kerugian ekonomi pada Presiden Rusia Vladimir Putin atas invasinya ke Ukraina .

Selain menjatuhkan sanksi baru, AS bergerak untuk membatasi kemampuan Rusia untuk menghindari sanksi yang ada pada bank sentral dan lembaga keuangan utamanya. Ada kekhawatiran bahwa Rusia menemukan cara untuk menstabilkan rubel dan membangun kembali cadangan mata uangnya.



“Amerika Serikat, dengan mitra dan sekutu kami, menyerang jantung kemampuan Rusia untuk membiayai dan melakukan peperangan dan kekejamannya terhadap Ukraina,” kata Menteri Keuangan AS,Janet L. Yellen, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari New York Times, Jumat (25/3/2022).

Sanksi diumumkan saat Presiden AS Joe Biden bertemu dengan para pemimpin dunia di pertemuan puncak di Brussels yang berfokus pada perang di Ukraina.

Pejabat senior pemerintahan Biden mengatakan bahwa sanksi telah berdampak parah pada ekonomi Rusia dan mengutip perkiraan yang memproyeksikan ekonomi negara itu akan berkontraksi sebesar 15 persen tahun ini, menghapus keuntungan 15 tahun. Mereka juga menunjukkan perkiraan bahwa lebih dari 200 ribu orang telah meninggalkan Rusia pada bulan lalu, mempercepat “pengosongan otak.”

Sanksi baru ini menargetkan 328 anggota Duma Negara, majelis rendah parlemen Rusia. Mereka juga termasuk perusahaan pertahanan Rusia seperti Tactical Missiles Corporation JSC, yang membuat sistem senjata.



Sebagai bagian dari upaya untuk memberikan tekanan keuangan pada sekutu Putin, AS mengatakan pihaknya memberikan sanksi kepada Herman Gref, presiden dan ketua Sberbank, salah satu bank terbesar di Rusia. AS sebelumnya telah menjatuhkan sanksi pada Sberbank bulan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)