AS Diam-diam Siapkan Skenario Jika Putin Gunakan Bom Nuklir Terkuat Rusia

Kamis, 24 Maret 2022 - 11:57 WIB
loading...
AS Diam-diam Siapkan Skenario Jika Putin Gunakan Bom Nuklir Terkuat Rusia
Amerika Serikat diam-diam susun skenario respons jika Presiden Rusia Vladimir Putin nekat menggunakan bom nuklir terkuat dalam perang di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Amerika Serikat (AS) diam-diam sudah menyusun skenario tentang respons Amerika jika Presiden Rusia Vladimir Putin nekat menggunakan bom nuklir terkuatnya dalam perang di Ukraina .

Rencana kontijensi itu disusun setelah Gedung Putih mengumpulkan tim pejabat keamanan nasionalnya.

Putin telah memperingatkan Barat agar tidak ikut campur dalam perang Rusia di Ukraina dan mengancam akan melepaskan persediaan senjata kimia, biologi, atau bahkan senjata nuklir terkuatnya.

The Tiger Team [Tim Harimau], demikian kelompok pejabat keamanan nasional itu dikenal, juga memeriksa tanggapan jika Putin mencapai wilayah NATO untuk menyerang konvoi yang membawa senjata dan bantuan ke Ukraina.

Penyusunan rencana kontijensi itu diungkap beberapa pejabat yang terlibat dalam proses tersebut.



Bertemu tiga kali seminggu, dalam sesi rahasia, Tim Harimau juga melihat tanggapan jika Rusia berusaha untuk memperluas perang ke negara-negara tetangga, termasuk Moldova dan Georgia, dan bagaimana mempersiapkan negara-negara Eropa untuk pengungsi yang mengalir dalam skala yang tidak terlihat di puluhan tahun.

Kontinjensi tersebut diharapkan menjadi inti dari sesi luar biasa di Brussels pada hari Kamis (24/3/2022), ketika Presiden Joe Biden bertemu dengan para pemimpin dari 29 negara NATO lainnya, yang akan bertemu untuk pertama kalinya—secara tertutup, ponsel dan ajudan mereka disingkirkan—sejak Putin menginvasi Ukraina.

Hanya sebulan yang lalu, skenario seperti itu tampak lebih teoretis. Tapi hari ini, dari Gedung Putih hingga markas NATO di Brussels, sebuah pengakuan telah ditetapkan bahwa Rusia dapat beralih ke senjata paling kuat di gudang senjatanya untuk menyelamatkan diri dari kebuntuan militer.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, menggarisbawahi urgensi upaya persiapan pada hari Rabu, mengatakan kepada wartawan untuk pertama kalinya bahwa bahkan jika Rusia menggunakan senjata pemusnah massal hanya di dalam Ukraina, mereka mungkin memiliki "konsekuensi yang mengerikan" bagi orang-orang di negara-negara NATO.

Dia tampaknya sedang mendiskusikan ketakutan bahwa awan kimia atau radioaktif bisa melayang melewati perbatasan.

Satu masalah yang sedang diperiksa adalah apakah kerusakan tambahan seperti itu akan dianggap sebagai "serangan" terhadap NATO di bawah piagamnya atau dikenal sebagai Pasal 5, yang mungkin memerlukan tanggapan militer bersama.

Tim Harimau saat ini dibentuk dalam sebuah memo yang ditandatangani oleh Jake Sullivan, Penasihat Keamanan Nasional Biden, pada 28 Februari, empat hari setelah invasi dimulai. Hal itu disampaikan beberapa pejabat yang terlibat dalam proses tersebut, yang berbicara dengan syarat anonim.

Beberapa pejabat dari tim itu sebelumnya telah bekerja selama berbulan-bulan, di belakang layar, untuk mempersiapkan pemerintah AS menghadapi kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina.

Tim Harimau itu memainkan peran sentral dalam merancang pedoman sanksi yang dalam, penumpukan pasukan di negara-negara NATO dan mempersenjatai militer Ukraina, yang telah mengeksploitasi kelemahan Rusia dan menempatkan pemerintah dan ekonominya di bawah tekanan luar biasa.

Stoltenberg, terdengar jauh lebih hawkish daripada di masa lalu, mengatakan dia mengharapkan "sekutu akan setuju untuk memberikan dukungan tambahan, termasuk bantuan dan peralatan keamanan siber untuk membantu Ukraina melindungi dari ancaman kimia, biologi, radiologis dan nuklir."



Saat Biden terbang ke Eropa pada hari Rabu, dia dan Stoltenberg memperingatkan semakin banyak bukti bahwa Rusia sebenarnya bersiap untuk menggunakan senjata kimia di Ukraina.

Ini adalah pertanyaan yang belum pernah dihadapi Eropa sejak kedalaman Perang Dingin, ketika NATO memiliki anggota yang jauh lebih sedikit, dan Eropa Barat khawatir tentang serangan Soviet yang menuju ke Jerman.

Tetapi hanya sedikit dari para pemimpin yang akan bertemu di Brussels pada hari Kamis yang pernah harus berurusan dengan skenario itu--dan banyak yang tidak pernah berpikir tentang pencegahan nuklir atau efek dari ledakan senjata nuklir di medan perang, yang dirancang untuk menjadi kurang kuat daripada yang menghancurkan Hiroshima.

Ketakutannya adalah bahwa Rusia lebih cenderung menggunakan senjata-senjata itu, justru karena mereka mengikis perbedaan antara senjata konvensional dan nuklir.

Senator Jack Reed, seorang politisi Partai Demokrat asal Rhode Island, yang mengepalai Komite Angkatan Bersenjata, mengatakan pada hari Rabu bahwa jika Putin menggunakan senjata pemusnah massal—kimia, biologi atau nuklir—akan ada konsekuensinya bahkan jika penggunaan senjata itu terbatas pada Ukraina.

Reed mengatakan radiasi dari senjata nuklir, misalnya, dapat menyebar ke negara tetangga NATO dan dianggap sebagai serangan terhadap anggota NATO.

“Ini akan menjadi seruan yang sangat sulit, tetapi ini adalah seruan yang tidak hanya presiden tetapi seluruh Dewan NATO harus lakukan,” kata Reed kepada wartawan, merujuk pada badan pemerintahan Barat.

“Intinya adalah ini adalah keputusan NATO,” kata Reed. “Itu tidak akan menjadi keputusan presiden saja. Saya tidak berpikir dia ingin mengambil tindakan secara sepihak.”

Salah satu masalah utama yang sedang dilihat oleh Tim Harimau adalah ambang batas yang dapat mendorong aliansi untuk menggunakan kekuatan militer di Ukraina.

Biden telah menjelaskan bahwa dia sangat enggan untuk melakukannya, karena khawatir konfrontasi langsung dengan Rusia dapat meningkatkan konflik di luar kendali. “Itu Perang Dunia III,” katanya baru-baru ini.

Tim pejabat kedua, juga dibuat oleh memo 28 Februari Sullivan, sedang melihat peluang jangka panjang bagi Amerika Serikat untuk meningkatkan posisi geopolitiknya sebagai akibat dari invasi Putin.

Di dalam Gedung Putih, telah menjadi artikel keyakinan bahwa pemimpin Rusia itu membuat kesalahan strategis yang besar—kesalahan yang akan mengurangi posisi Rusia, melumpuhkan ekonominya, dan mengasingkan sekutu potensial selama bertahun-tahun. Tapi ini masih awal konflik, dan kesimpulan itu mungkin terbukti prematur.

Kekhawatiran langsung adalah apa yang mungkin dilakukan Putin selanjutnya—didorong oleh keinginan untuk menyelamatkan upaya militer yang gagal atau membangun kembali kredensialnya sebagai kekuatan yang harus ditakuti.

Para pejabat percaya kemungkinan bahwa Putin akan menggunakan peledakan senjata nuklir kecil. Tetapi aliran pengingat Rusia yang terus-menerus bahwa ia memiliki persenjataan yang siap, dan dapat menggunakannya untuk menanggapi apa pun yang dianggapnya sebagai “ancaman eksistensial”, telah membuat Washington dalam siaga tinggi.

"Biden akan membahas dengan sekutu bagaimana menangani retorika dan komentar yang keluar dari Rusia tentang seluruh pertanyaan tentang potensi penggunaan senjata nuklir ini,” kata Sullivan kepada wartawan pada hari Rabu, seperti dikutip New York Times, Kamis (24/3/2022).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0696 seconds (0.1#10.140)