Steroid Murah Ini Bisa Selamatkan Nyawa Pasien Covid-19

Rabu, 17 Juni 2020 - 06:31 WIB
loading...
Steroid Murah Ini Bisa Selamatkan Nyawa Pasien Covid-19
Dexamethasone disebut mampu mengurangi tingkat kematian akibat Covid-19 hingga sepertiga. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Peneliti Inggris mengatakan steroid yang disebut dexamethasone dapat mengurangi kematian di antara pasien Covid-19 yang paling parah hingga sepertiganya. Penemuan ini muncul setelah lembaga medis menolak hydroxychloroquine sebagai pengobatan potensial.

Dexamethasone adalah obat steroid dosis rendah dan bagian dari percobaan terbesar di dunia untuk mengetahui apakah mereka dapat bekerja untuk virus Corona .

Obat ini sudah digunakan untuk mengurangi peradangan pada berbagai kondisi kesehatan yang lain. Namun tampaknya, obat ini juga dapat membantu menghentikan beberapa kerusakan yang dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menjadi overdrive ketika mencoba untuk melawan virus Corona.

Reaksi berlebihan ini, badai sitokin, bisa mematikan.

Dalam uji coba, yang dipimpin oleh tim dari Universitas Oxford, sekitar 2.000 pasien rumah sakit diberikan dexamethasone dan dibandingkan dengan lebih dari 4.000 yang tidak.

Hasilnya, untuk pasien yang menggunakan ventilator, obat tersebut mampu mengurangi risiko kematian dari 40% menjadi 28%. Sementara untuk pasien yang membutuhkan oksigen, dexamethasone mengurangi risiko kematian dari 25% menjadi 20%.

"Ini adalah satu-satunya obat sejauh ini yang telah terbukti mengurangi angka kematian - dan itu mengurangi secara signifikan. Ini adalah terobosan besar," kata kepala peneliti Prof Peter Horby seperti dikutip dari BBC, Rabu (17/6/2020).

Peneliti utama, Prof Martin Landray mengatakan temuan ini menyarankan satu nyawa bisa diselamatkan untuk setiap delapan pasien dengan ventilator dan setiap 20-25 pasien yang dirawat dengan oksigen.

"Ada manfaat yang jelas, jelas," katanya.

"Pengobatannya hingga 10 hari dexamethasone dan biayanya sekitar ÂŁ 5 per pasien. Jadi pada dasarnya harganya ÂŁ 35 untuk menyelamatkan hidup," ia menambahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0879 seconds (0.1#10.140)