Tiga Minggu Hidup Normal, Selandia Baru Catat Kasus Baru Covid-19

Selasa, 16 Juni 2020 - 22:22 WIB
loading...
Tiga Minggu Hidup Normal, Selandia Baru Catat Kasus Baru Covid-19
Selandia Baru catat kasus baru Covid-19 setelah tiga minggu hidup normal. Foto/Ilustrasi
A A A
WELLINGTON - Selandia Baru melaporkan kasus virus Corona pertama setelah lebih dari tiga minggu kembali ke kehidupan normal setelah dua wisatawan Inggris dinyatakan positif Covid-19 .

Menurut Kemementerian Kesehatan Selandia Baru kasus tersebut adalah contoh pertama dari virus Corona yang dilaporkan dalam 24 hari di negara itu.

Dua wisatawan, keduanya perempuan, berasal dari satu keluarga dan telah melakukan perjalanan ke Selandia Baru dari Inggris melalui Australia.

Mereka ditempatkan di sebuah hotel isolasi di Auckland namun diizinkan meninggalkannya karena merasa kasihan.

"Mereka kemudian melakukan perjalanan ke Wellington dengan kendaraan pribadi untuk mengunjungi kerabat yang sejak itu meninggal," kata Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru Dr. Ashley Bloomfield dalam sebuah konferensi pers.

"Kasus baru adalah sesuatu yang kami harap tidak akan kami dapatkan tetapi juga sesuatu yang kami harapkan dan telah kami rencanakan," imbuh Bloomfield seperti dikutip dari CNN, Selasa (16/6/2020).

Ia menambahkan bahwa salah satu perempuan itu telah mengalami "gejala ringan," tetapi menghubungkan mereka dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Para perempuan itu tidak menggunakan fasilitas umum selama perjalanan mereka.

Bloomfield mengatakan bahwa ia telah meminta agar siapa pun yang dibebaskan dari isolasi atas pengecualian belas kasih diuji, dan ada hasil tes negatif yang diterima dan dikonfirmasi sebelum mereka dilepaskan.

"Staf kesehatan masyarakat setempat sedang menguji dan mengisolasi satu anggota keluarga tambahan dari kelompok yang mungkin berisiko terpapar," kata kementerian itu.

Operasi pelacakan kontak juga sedang berlangsung untuk kontak potensial yang mungkin telah berinteraksi dengan para wanita, termasuk orang-orang dalam penerbangan yang sama dari Brisbane dan orang-orang yang berada atau berada di fasilitas isolasi yang sama.

Pekan lalu, Selandia Baru mencabut hampir semua pembatasan virus Corona dalam negeri meskipun negara itu masih mempertahankan pembatasan ketat untuk memasuki negara itu. Kasus-kasus terbaru membawa jumlah total kasus terkonfirmasi Selandia Baru ke 1.156. (Baca: Hidup Normal Bebas Covid ala Selandia Baru: Belanja, Pesta, dan Pelukan )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)