Picu Destabilisasi, China Salahkan NATO Atas Perang Rusia-Ukraina

Minggu, 20 Maret 2022 - 19:28 WIB
loading...
Picu Destabilisasi, China Salahkan NATO Atas Perang Rusia-Ukraina
Picu destabilisasi, China salahkan ekspansi NATO ke Eropa Timur atas perang Rusia-Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Wakil Menteri Luar Negeri China Le Yucheng mengatakan globalisasi tidak boleh "dipersenjatai" dan politik blok militer harus "ditolak." Komentar itu muncul satu hari setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan koleganya dari China Xi Jinping tentang "konsekuensi" jika Beijing mendukung aksi militer Rusia di Ukraina .

Berbicara di Forum Internasional Keempat tentang Keamanan dan Strategi di Beijing pada hari Sabtu, pejabat China itu setuju dengan penilaian Moskow bahwa ekspansi NATO yang tidak terkendali di Eropa Timur dan kegagalan untuk mengatasi masalah keamanan nasional Rusia telah membuka jalan bagi krisis saat ini.

Dia mengatakan komitmen sederhana untuk tidak melakukan ekspansi ke Eropa timur dapat dengan mudah mengakhiri krisis dan menghentikan penderitaan.



“Sebaliknya, seseorang memilih untuk mengipasi api pada jarak yang aman, menyaksikan pedagang senjata, bankir, dan taipan minyaknya sendiri menghasilkan banyak uang dari perang, sementara meninggalkan orang-orang di sebuah negara kecil dengan luka perang yang akan memakan waktu bertahun-tahun untuk sembuh,” katanya.

"Pengejaran NATO akan keamanan absolut mengarah ke non-keamanan absolut," tambah Le seperti dilansir dari Russia Today, Minggu (20/3/2022).

Konsekuensi dari memaksa kekuatan besar, terutama tenaga nuklir, ke sudut bahkan lebih tak terbayangkan.

Moskow dengan keras menentang kehadiran NATO di dekat perbatasannya, dan memulai misi untuk mendapatkan jaminan tertulis yang akan menghentikan ekspansi blok militer pimpinan AS dan melarang Ukraina bergabung dengan barisannya. Namun, Barat mengabaikan kekhawatiran Rusia.



Presiden Vladimir Putin mengumumkan "operasi militer khusus" pada 24 Februari, dengan tujuan yang dinyatakan untuk "demiliterisasi dan denazifikasi" pemerintah di Kiev, memastikan bahwa itu tidak lagi menimbulkan ancaman bagi Rusia atau republik Donbass yang baru diakui, yang tujuh tahun telah menderita akibat pengepungan yang melelahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)