Sebut Gila, Rusia Sangkal Kosmonotnya Dukung Ukraina

Minggu, 20 Maret 2022 - 15:22 WIB
loading...
Sebut Gila, Rusia Sangkal Kosmonotnya Dukung Ukraina
Seragam kuning-biru yang digunakan para kosmonot Rusia memicu kehebohan karena identik dengan warna bendera Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Badan antariksa Rusia menolak klaim bahwa tiga kosmonotnya yang dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mendukung Ukraina dengan menyebut "gila." Klaim itu munculsetelahketiga kosmonotRusia yang dikirim ke ISS mengenakan seragam berwarna kuning-biru yang identik dengan bendera Ukraina .

"Terkadang kuning hanya kuning," kata layanan pers Roscosmos di saluran Telegramnya, menurut Reuters, seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (20/3/2022).

"Setelan penerbangan awak baru dibuat dengan warna lambang Universitas Teknik Negeri Bauman Moskow, tempat ketiga kosmonot lulu. Melihat bendera Ukraina di mana-mana dan dalam segala hal adalah gila," sambung pernyataan itu.



Pernyataan itu muncul setelah beberapa media Barat melaporkan bahwa para kosmonot mengenakan seragam warna kuningsebagai bentuk dukungan untuk Ukraina, menyusul invasi Rusia ke negara itu pada 24 Februari.

Setelan seragam kosmonot Rusia saat itu berwarna kuning cerah dengan hiasan biru, warna yang sama dengan bendera Ukraina, dan menandai perbedaan mencolok dari pakaian yang biasanya dikenakan oleh para astronot. Dalam beberapa minggu terakhir, mengenakan atau menampilkan warna kuning dan biru telah menjadi sinyal yang menonjol dari aktivisme anti-perang di seluruh dunia.

Namun, direktur jenderal Roscosmos Dmitry Rogozin mempertegas klaim bahwa seragam itu dikenakan bukan sebagai pernyataan politik, yang menyatakan bahwa warna itu dipilih beberapa bulan lalu.



"Setiap kru memilih warna yang terlihat berbeda. Giliran kami yang memilih warna," katanya, menurut Reuters.

"Sebenarnya, kami telah mengumpulkan banyak kain kuning, jadi kami harus menggunakannya. Itu sebabnya kami harus memakai jas terbang kuning," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)