Slovakia Siap Kirim Sistem Rudal S-300 ke Ukraina, Rusia: Itu Target Sah!

Sabtu, 19 Maret 2022 - 03:25 WIB
loading...
Slovakia Siap Kirim Sistem Rudal S-300 ke Ukraina, Rusia: Itu Target Sah!
Slovakia siap kirim sistem rudal S-300 ke Ukraina jika sekutu NATO menggantinya dengan sistem rudal Patriot AS. Foto/Tylaz.net
A A A
MOSKOW - Slovakia menyatakan siap mengirim sistem pertahanan rudal S-300 ke Ukraina ketika invasi Rusia telah memasuki minggu keempat. Moskow dengan tegas menyatakan pasokan senjata pertahanan itu menjadi target sah jika benar-benar dikirim.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa Moskow tidak akan mengizinkan transfer sistem pertahanan S-300 buatan Uni Soviet oleh Bratislava.

"Setiap pasokan senjata ke Ukraina akan dianggap oleh Rusia sebagai target yang sah," katanya, seperti dikutip Euractiv, Jumat (18/3/2022).

Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad mengatakan bahwa negaranya bersedia memberikan senjata pertahanan S-300 kepada Ukraina jika sekutu NATO memberikan penggantinya.



Sistem pertahanan rudal Patriot Amerika Serikat (AS) selama ini dianggap setara dengan S-300 buatan Uni Soviet.

Kesanggupan Bratislava untuk mempersenjatai Kiev dengan S-300 datang ketika Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berkunjung ke Slovakia.

Pada Rabu lalu, tiga sumber di Slovakia mengatakan kepada CNN bahwa Bratislava setuju untuk memberi Ukraina sistem pertahanan udara penting era Soviet untuk membantu mempertahankan diri dari serangan udara Rusia.

“Kami telah berdiskusi dengan AS, Ukraina dan juga sekutu lainnya tentang kemungkinan untuk menyebarkan, mengirim atau memberikan S-300 ke Ukraina, dan kami bersedia untuk melakukannya,” kata Nad dalam konferensi pers.

"Tapi bersedia melakukannya segera ketika kami memiliki pengganti yang tepat."

Lloyd Austin, yang berbicara bersama Nad, menolak mengatakan apakah Amerika Serikat mungkin bersedia mengisi kesenjangan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)