Dibayangi Kapal Perang AS, Kapal Induk China Berlayar Lewati Selat Taiwan

Jum'at, 18 Maret 2022 - 16:37 WIB
loading...
Dibayangi Kapal Perang AS, Kapal Induk China Berlayar Lewati Selat Taiwan
Kapal induk China Shandong berlayar melewati selat Taiwan jelang pembicaraan Presiden AS Joe Biden dengan Presiden Xi Jinping. Foto/popularmechanics
A A A
TAIPEI - Kapal induk China Shandong berlayar melalui Selat Taiwan yang sensitif pada Jumat (18/3/2022), dibayangi oleh kapal perusak Amerika Serikat (AS). Hal itu diungkapkan sumber di Taiwan yang mengetahui langsung masalah tersebut, hanya beberapa jam sebelum Presiden China dan AS dijadwalkan untuk melakukan pembicaraan.

Sumber itu, yang tidak berwenang untuk berbicara kepada media dan berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa kapal induk China Shandong berlayar dekat dengan pulau Kinmen yang dikuasai Taiwan, yang terletak tepat di seberang kota Xiamen di China, dan dibayangi oleh kapal perang AS.

"Sekitar pukul 10.30 pagi, CV-17 muncul sekitar 30 mil laut di barat daya Kinmen, dan difoto oleh seorang penumpang dalam penerbangan sipil," kata sumber tersebut, merujuk pada nomor dinas resmi Shandong seperti dilansir dari Channel News Asia.

Sumber itu menambahkan sebuah kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke milik AS, USS Ralph Johnson, membayangi kapal induk yang tidak memiliki pesawat di deknya dan berlayar ke utara melalui selat itu.

"Taiwan juga mengirim kapal perang untuk mengawasi situasi," kata sumber itu.

Terkait hal ini Kementerian Pertahanan Taiwan menolak untuk berkomentar. Sedanglan Kementerian Pertahanan China dan Angkatan Laut AS tidak segera menanggapi permintaan komentar.



Pelayaran itu terjadi sekitar 12 jam sebelum Presiden AS Joe Biden dijadwalkan berbicara dengan mitranya dari China, Xi Jinping .

Sumber itu menggambarkan waktu gerakan Shandong yang begitu dekat dengan seruan itu sebagai aksi "provokatif".

China mengatakan Taiwan adalah masalah paling sensitif dan penting dalam hubungannya dengan Amerika Serikat. Washington sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taipei, tetapi merupakan pendukung internasional terpenting dan pemasok senjata bagi Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)