Terungkap, Rusia Gunakan Drone Israel untuk Lawan UAV Turki Andalan Ukraina

Kamis, 17 Maret 2022 - 09:22 WIB
loading...
Terungkap, Rusia Gunakan Drone Israel untuk Lawan UAV Turki Andalan Ukraina
Drone Forpost-R Rusia, yang aslinya Searcher II buatan Israel, digunakan Moskow dalam serangan udara di Ukraina. Foto/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Rusia diketahui menggunakan drone atau UAV taktis Forpost-R, yang aslinya buatan Israel, untuk meluncurkan serangan udara di Ukraina .

Drone itu juga untuk melawan UAV Bayraktar TB-2 buatan Turki yang disebut telah menimbulkan kerusakan signifikan di pihak Moskow.

Berasal dari UAV Searcher II Israel dan dibuat di Rusia, Forpost dapat digunakan baik untuk misi serangan maupun pengintaian.

Pada 13 Maret, Kementerian Pertahanan Rusia merilis sebuah video yang menunjukkan drone Forpost-R bersenjata lepas landas dari landasan pacu yang dirahasiakan, setelah itu terlihat menghancurkan sistem roket peluncuran ganda (MLRS) Ukraina.

Sejumlah video yang beredar di media sosial, menunjukkan drone itu mendatangkan malapetaka pada pasukan militer Ukraina dan peralatan mereka.

Baca juga: Presiden Ukraina Zelensky: Perang Dunia III Mungkin Sudah Dimulai!

Video-video itu diduga kuat merupakan kejadian pada 11 Maret ketika penyebaran drone Forpost-R dalam perang yang sedang berlangsung di Ukraina pertama kali diketahui.

Foto-foto reruntuhan pesawat tak berawak (UAV) Rusia yang jatuh juga muncul di media sosial. Sebuah plakat bertuliskan logo Israel Aerospace Industries (IAI) terlihat di reruntuhan.

Pada 2019, sebuah UAV Forpost Rusia ditembak jatuh di Suriah. Seorang analis pertahanan telah menulis dalam artikelnya tentang penggunaan drone itu di Suriah, sebagaimana dikutip situs intelijen keamanan dan pertahanan; Janes, Kamis (17/3/2022).

"Ini biasanya tidak akan membuat heran, tetapi Israel dan Suriah adalah musuh, jadi itu adalah perkembangan yang patut dicatat bahwa pesawat tak berawak Israel membantu Suriah melalui Rusia. Terkadang perang membuat teman tidur yang aneh," bunyi analisis tersebut.

Forpost adalah UAV pengintai yang dibangun oleh Ural Civil Aviation Plant (UZGA) yang berbasis di Yekaterinburg di bawah produksi lisensi berdasarkan drone Searcher Mk II Israel. Rusia telah memperoleh lisensi pada tahun 2015.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1831 seconds (11.252#12.26)