Vietnam Tak Lagi Wajibkan Turis Asing Jalani Karantina COVID-19

Rabu, 16 Maret 2022 - 22:02 WIB
loading...
Vietnam Tak Lagi Wajibkan Turis Asing Jalani Karantina COVID-19
Vietnam Tak Lagi Wajibkan Turis Asing Jalani Karantina COVID-19. FOTO/Reuters
A A A
HANOI - Vietnam mengumumkan berakhirnya karantina bagi pelancong internasional pada Rabu (16/3/2022). Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memulai kembali industri pariwisata negeri itu setelah dua tahun pembatasan ketat COVID-19 .

“Satu-satunya persyaratan pengujian virus untuk pengunjung adalah tes virus corona negatif,” kata Kementerian Kesehatan negara itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP.



Sektor pariwisata negara komunis itu bernilai hingga USD32 miliar setahun sebelum pandemi, tetapi terhenti selama pandemi karena pemerintah membatasi perjalanan.

Pembatasan virus perlahan-lahan dilonggarkan dalam beberapa bulan terakhir, dengan pengunjung berdatangan sejak November untuk bermain golf di resor, di bawah pengaturan gelembung.

Vietnam juga mengumumkan dimulainya kembali perjalanan bebas visa 15 hari untuk warga negara dari 13 negara: Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Inggris, Rusia, Jepang, Korea Selatan, Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Belarusia.



Meski tak lagi mewajibkan karantina bagi turis asing, namun negara yang berpenduduk 97 juta jiwa ini masih melaporkan hampir 200.000 kasus baru COVID-19 setiap hari saat varian Omicron menyebar.

Tetapi Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan, situasinya “tetap terkendali” dengan tingkat rawat inap dan kematian tetap rendah. Para pejabat mengaitkan hal itu dengan tingkat vaksinasi yang tinggi, dengan 98 persen orang dewasa diinokulasi penuh menurut kementerian kesehatan.

Negara ini sedang melakukan upaya untuk meluncurkan booster jabs kepada penduduk sambil bersiap untuk memvaksinasi anak-anak dan remaja.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)